Pengaruh senam ritmik tanpa alat terhadap kelincahan anak cerebral palsy kelas 2 SDLB/SLB pembina tingkat nasional Kecamatan Lawang Kabupaten Malang / Martha Novita Yatna - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh senam ritmik tanpa alat terhadap kelincahan anak cerebral palsy kelas 2 SDLB/SLB pembina tingkat nasional Kecamatan Lawang Kabupaten Malang / Martha Novita Yatna

Yatna, Martha Novita (2016) Pengaruh senam ritmik tanpa alat terhadap kelincahan anak cerebral palsy kelas 2 SDLB/SLB pembina tingkat nasional Kecamatan Lawang Kabupaten Malang / Martha Novita Yatna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yatna Martha Novita. 2016. Pengaruh Senam Ritmik Tanpa Alat Terhadap Kelincahan Anak Cerebral Palsy Kelas 2 SD di SLB Pembina Tingkat Nasional Lawang Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd. M.Pd (II) Dr. Asim M.Pd. Kata Kunci senam ritmik tanpa alat kelincahan cerebral palsy. Anak usia sekolah dasar pada umumnya selalu aktiv mengeksplorasi lingkungannya. Mereka akan mengandalkan seluruh anggota gerak dalam mengeksplorasi lingkungan namun lain halnya dengan anak cerebral palsy yang tidak dapat bergerak aktiv karena hambatan pada beberapa anggota geraknya. Subjek dalam penelitian ini merupakan seorang siswa kelas 2 SD di SLB Pembina Tingkat Nasional kecamatan Lawang kabupaten Malang yang memiliki hambatan cerebral palsy dengan kelemahan pada kedua tungkai yang tergolong ringan. Senam ritmik tanpa alat merupakan sebuah alternativ yang digunakan untuk melatih kelincahan gerak anak cerebral palsy. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh penerapan senam ritmik tanpa alat terhadap kelincahan anak cerebral palsy kelas 2 SD di SLB Pembina Tingkat Nasional kecamatan Lawang kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Pengumpulan data dilakukan dengan mengobservasi subjek hingga didapatkan kestabilan data pada setiap kondisi. Pengukuran target perilaku menggunakan pengukuran durasi yakni mengukur tingkat kelincahan subjek menggunakan tes kelincahan shuttle run. Hasil dari analisis data tes kelincahan shuttle run pada penelitian ini adalah (1) level rata-rata kelincahan subjek sebelum intervensi adalah 117 detik (2) level rata-rata kelincahan subjek saat intervensi meningkat menjadi 95 detik (3) level rata-rata kelincahan subjek setelah intervensi dihentikan menjadi 88 detik. Kesimpulan penelitian ini berdasarkan hasil analisis data adalah ada pengaruh senam ritmik tanpa alat terhadap kelincahan anak cerebral palsy kelas 2 SD di SLB Pembina Tingkat Nasional Lawang kabupaten Malang Saran bagi guru pendidikan jasmani adaptif agar mengaplikasikan senam ritmik tanpa alat pada anak cerebral palsy untuk melatih kelincahan geraknya. Diharapkan juga bagi penelitian selanjutnya untuk lebih menyempurnakan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8883

Actions (login required)

View Item View Item