Pengaruh penggunaan metode role playing terhadap keterampilan bersosialisasi siswa tunagrahita SDLB Negeri Kedungkandang Malang / Anugrah Tri Nastiti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan metode role playing terhadap keterampilan bersosialisasi siswa tunagrahita SDLB Negeri Kedungkandang Malang / Anugrah Tri Nastiti

Nastiti, Anugrah Try (2016) Pengaruh penggunaan metode role playing terhadap keterampilan bersosialisasi siswa tunagrahita SDLB Negeri Kedungkandang Malang / Anugrah Tri Nastiti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nastiti Anugrah Try. 2016. Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing terhadap Keterampilan Bersosialisasi Siswa Tunagrahita SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Abdul Huda M.Pd (II) Dr. Saichudin M. Kes. Kata Kunci Metode role playing Keterampilan Bersosialisasi Tunagrahita Tunagrahita merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan fungsi intelektual umum rendah dan kelainan pada perilaku adaptifnya. Hambatan intelektual anak tunagrahita tersebut berdampak pada cara belajar dan hasil belajar anak sedangkan hambatan perilaku adaptif berdampak pada aspek sosial dan aspek psikologis anak diantaranya dalam berperilaku dalam kehidupan sehari-harinya penyesuaian diri terhadap lingkungan sekitarnya dan kemampuan bersosialisasinya. Keterampilan bersosialisasi merupakan bentuk perilaku perbuatan dan sikap yang ditampilkan oleh individu ketika berinteraksi dengan orang lain disertai dengan ketepatan dan kecepatan sehingga memberikan kenyamanan bagi orang yang berada di sekitarnya. Berkaitan dengan hal tersebut diperlukan suatu metode yang dapat memberikan suasana pembelajaran di dalam kelas yang efektif dan menarik. Metode tersebut salah satunya adalah metode role playing yang di dalamnya dirancang dengan pembelajaran bermain peran yang sesuai dengan kehidupan sosial anak. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan tentang pengaruh metode role playing terhadap keterampilan bersosialisasi siswa tunagrahita. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Pre Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design. Subyek penelitian menggunakan 5 siswa tunagrahita sedang kelas IV di SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi disertasi dengan wawancara yang diawali dengan merancang instrumen memberikan pre-test terhadap siswa memberikan perlakuan dengan metode role playing lalu tahap terakhir memberikan post-test. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-tes berupa lembar penilaian observasi berupa rubrik yang sesuai dengan aspek sosial dan psikologi untuk menilai proses dalam pembelajaran. Analisis data yang digunakan adalah Uji jenjang bertanda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan perolehan skor dan rata-rata yang meningkat dari skor pre-test 61 dan rata-rata 12 2 dan skor post-test 149 dan rata-rata 29 2. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai Jhitung (-15) Jtabel (0 05) yang artinya H0 ditolak. Kesimpulannya adalah terdapat perbedaan keterampilan bersosialisasi siswa tunagrahita sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran dengan metode role playing di SDLB Kedungkandang Malang. Adapun saran bagi guru dari penelitian ini adalah menjadikan metode role playing ini sebagai referensi metode mengajar di kelas agar siswa tidak merasakan bosan dan dapat tertarik dengan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8882

Actions (login required)

View Item View Item