Pengaruh media puzzle kotak pos terhadap persepsi visual anak down sydrome kelas I di SDLB B-C Kepanjen Kabupaten Malang / Aqidatun Yahya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media puzzle kotak pos terhadap persepsi visual anak down sydrome kelas I di SDLB B-C Kepanjen Kabupaten Malang / Aqidatun Yahya

Yahya, Aqidatun (2016) Pengaruh media puzzle kotak pos terhadap persepsi visual anak down sydrome kelas I di SDLB B-C Kepanjen Kabupaten Malang / Aqidatun Yahya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yahya Aqidatun. 2016. Pengaruh Media Puzzle Kotak Pos Terhadap Persepsi Visual Anak Down Syndrome Kelas I di SDLB B-C Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd. M.Pd (II) Drs. Usep Kustawan M.Sn. Kata kunci Down syndrome persepsi visual media puzzle kotak pos. Down syndrome mengalami kesulitan untuk berfikir abstrak. Hal tersebut berdampak pada kurang matangnya penguasaan prasyarat pembelajaran khususnya persepsi visual. Akibatnya peserta didik kesulitan membedakan bentuk bangun. Oleh karena itu diperlukan media puzzle kotak pos yang dapat melatih kemampuan persepsi visual anak terhadap bentuk bangun datar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh media puzzle kotak pos terhadap persepsi visual anak down syndrome kelas I di SDLB B-C Kepanjen Kabupaten Malang. Metode penelitan yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian adalah seorang anak down syndrome berusia 14 tahun kelas I SDLB B-C Kepanjen Kabupaten Malang. Analisis data yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan perolehan mean level yang meningkat dari kondisi baseline-1 sebesar 46 dengan estimasi kecenderungan arah mendatar ( ) dan stabil. Intervensi sebesar 85 dengan estimasi kecenderungan arah meningkat ( ) dan stabil. Baseline-2 sebesar 89 dengan estimasi kecenderungan arah meningkat ( ) dan stabil. Selain itu persentase overlap antara kondisi baseline-1 ke kondisi intervensi sebesar 0%. Kesimpulan dari penelitian berdasarkan hasil analisis data adalah media puzzle kotak pos berpengaruh terhadap persepsi visual anak down syndrome kelas I di SDLB B-C Kepanjen Kabupaten Malang. Saran bagi guru SLB agar dapat mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki peserta didik down syndrome terlebih yang masih memiliki kemampuan untuk mengikuti kegiatan dibidang akademik. Guru bisa mengaplikasikan media puzzle kotak pos untuk mematangkan konsep persepsi visual peserta didik. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan menggunakan puzzle kotak pos pada subjek dengan karakteristik maupun target behavior yang berbeda untuk mematangkan konsep persepsi visual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8881

Actions (login required)

View Item View Item