Pengaruh permainan scramble terhadap kemampuan menyusun kalimat pada siswa tuna grahita kelas VIII di SLB Pembina Tingkat Nasional bagian C Lawang / Wahyu Andriani

Andriani, Wahyu (2016) Pengaruh permainan scramble terhadap kemampuan menyusun kalimat pada siswa tuna grahita kelas VIII di SLB Pembina Tingkat Nasional bagian C Lawang / Wahyu Andriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andriani, Wahyu. 2016. Pengaruh Permainan Scramble Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Pada Siswa Tunagrahita Kelas VIII di SLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Lawang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Abdul Huda, M.Pd, (II) dr. Agung Kurniawan, M.Kes. Kata kunci: permainan scramble, menyusun kalimat, tunagrahita Anak tunagrahita memiliki keterbatasan dalam penguasaan bahasa terutama pengolahan perbendaharaan kata yang kurang berfungsi sebagaimana mestinya, karena itu mereka kesulitan dalam menyusun kalimat. Untuk itu dibutuhkan suatu metode yang dapat mempermudah anak untuk mengoptimalkan penguasaan bahasanya. Permainan merupakan suatu media yang mengasyikan dan memuaskan bagi anak untuk mempelajari sesuatu. Permainan scramble merupakan salah satu metode yang mampu mengoptimalkan siswa untuk berpikir lebih kreatif dalam menemukan dan menyusun suatu hal atau struktur yang baru sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman yang lebih karena siswa aktif dalam permainan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh permainan scramble terhadap kemampuan menyusun kalimat pada siswa tunagrahita kelas VIII di SLB Pembina Nasional Bagian C Lawang, Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimental dengan rancangan penelitian times series design. Subyek penelitian dilakukan terhadap 5 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes tulis sebanyak 4 kali untuk mengetahui kestabilan dan kejelasan terhadap kelompok sebelum diberikan perlakuan. Setelah itu dilakukan perlakuan terhadap kelompok dan dilakukan tes tulis kembali sebanyak 4 kali untuk mengetahui hasil perlakukan yang telah dilakukan. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan soal tes sebanyak 10 butir. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji peringkat bertanda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan menyusun kalimat siswa tunagrahita sebelum dan sesudah dibelajarkan menggunakan permainan scramble. Perbedaan tersebut ditunjukkan oleh hasil uji Wilcoxon yaitu T hitung < T tabel pada taraf signifikan 0,05. Dengan nilai T hitung = 0 dan nilai T tabel = 1. Hal ini membuktikan bahwa permainan scramble berpengaruh terhadap kemampuan menyusun kalimat siswa tunagrahita. Saran bagi guru agar mengaplikasikan permainan scramble ini dalam kegiatan pembelajaran. Diharapkan juga bagi peneliti selanjutnya untuk lebih menyempurnakan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8880

Actions (login required)

View Item View Item