Efektivitas metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan mengasosiasikan soal cerita "peluang" pada mata pelajaran matematika siswa tunanetra kelas XI IPS SMALB PTN Lawang / Evita Gadis Permatasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan mengasosiasikan soal cerita "peluang" pada mata pelajaran matematika siswa tunanetra kelas XI IPS SMALB PTN Lawang / Evita Gadis Permatasari

Permatasari, Evita Gadis (2016) Efektivitas metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan mengasosiasikan soal cerita "peluang" pada mata pelajaran matematika siswa tunanetra kelas XI IPS SMALB PTN Lawang / Evita Gadis Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Gadis Evita Permatasari. Efektivitas Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Mengasosiasikan Soal Cerita Perluang pada Matapelajaran Matematika Siswa Tunanetra Kelas XI IPS SMALB PTN Lawang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Endro Wahyuni M.Si (II) Eka Pramono Adi S.IP M.Si Kata kunci metode penemuan terbimbing kemampuan mengasosiasi matematika tunanetra Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) efektifitas metode penemuan terbimbing dalam bentuk buku panduan mengerjakan (2) peningkatan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan soal cerita ke dalam bahasa matematika (3) perbedaan kemampuan mengasosiasikan soal cerita Peluang sebelum dan sesudah diterapkannya metode penemuan terbimbing. Pada Penelitian ini digunaka metode Single Subject Research (SSR) dengan menggunakan desain A-B-A-B. Kondisi baseline-1 (A-1) untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebelum dilakukan intervensi dengan skor sebesar 18%. Kondisi Intervensi-1 (B-1) pelaksanaan treatment yang telah terbagi menjadi beberapa 5 sesi dengan skor rata-rata 80 4%. Kondisi baseline-2 (A-2) pelaksanaan untuk mengetahui kemampuan siswa sesudah dilakukan intervensi dengan skor sebesar 66%. Kondisi Intervensi-2 (B-2) pelaksanaan setelah dilakukan analisa kesalahan mengerjakan pada kondisi A-2 dengan perolehan skor sebesar 87%. Hasil penelitian berdasarkan desain A-B-A-B dengan penerapan metode penemuan terbimbing dalam bentuk modul panduan mengerjakan dapat dikatakan efektif karena terjadi peningkatan kemampuan mengasosiasikan soal cerita Peluang yang ditandai dengan perubahan skor sesudah dan sebelum dilaksanakan kondisi B-1. Kesimpulan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing yang disusun dalam bentuk modul panduan mengerjakan yang dituliskan dalam bentuk braille memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan mengasosiasikan soal cerita Peluang pada siswa tunanetra kelas XI SMALB PTN Lawang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8878

Actions (login required)

View Item View Item