Pengaruh penggunaan permainan monopoli terhadap kemampuan operasi hitung campuran siswa tunarungu kelas X di SMALB-B YPTB Malang / Ratna Kurniasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan permainan monopoli terhadap kemampuan operasi hitung campuran siswa tunarungu kelas X di SMALB-B YPTB Malang / Ratna Kurniasari

Kurniasari, Ratna (2016) Pengaruh penggunaan permainan monopoli terhadap kemampuan operasi hitung campuran siswa tunarungu kelas X di SMALB-B YPTB Malang / Ratna Kurniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniasari Ratna. 2016. Pengaruh Penggunaan Permainan Monopoli Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Campuran Siswa Tunarungu Kelas X di SMALB-B YPTB Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mohammad Efendi M.Pd M.Kes (II) Dr. Sulthoni M.Pd Kata Kunci kemampuan operasi hitung campuran permainan monopoli tunarungu Anak-anak tunarungu mengalami masalah dalam hal pendengaran sehingga mengalami kesulitan dalam proses penyampaian materi (transfer of knowledge). Hal ini berlaku bagi seluruh mata pelajaran tidak terkecuali pelajaran matematika menyelesaikan soal mengenai operasi hitung campuran merupakan permasalahan yang kompleks karena mereka harus dapat memahami operasi hitung mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan hasil belajar kemampuan operasi hitung campuran sebelum penggunaan permainan monopoli pada siswa tunarungu kelas X di SMALB-B YPTB Malang (2) Mendeskripsikan hasil belajar kemampuan operasi hitung campuran setelah penggunaan permainan monopoli pada siswa tunarungu kelas X di SMALB-B YPTB Malang (3) Menganalisis pengaruh penggunaan permainan monopoli terhadap kemampuan operasi hitung campuran siswa tunarungu kelas X di SMALB-B YPTB Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan pre-experimental sedangkan bentuk desain yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan satu kelompok dengan subyek 6 siswa. Pengumpulan data yang digunakan berupa tes (pretest dan posttest). Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa penggunaan permainan monopoli berpengaruh terhadap kemampuan operasi hitung siswa tunarungu. Hal ini dinyatakan dalam nilai rata-rata pretest yaitu 48 3 dan nilai rata-rata dari hasil posttest yaitu 70. Hasil uji hipotesis dapat diperoleh bahwa exact sig. 0.026 karena nilai exact sig. taraf nyata ( 945 0 05) maka dapat menolak H0 artinya H1 diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan permainan monopoli dengan hasil belajar kemampuan operasi hitung campuran anak tunarungu kelas X di SMALB-B YPTB Malang. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh terhadap kemampuan operasi hitung campuran siswa tunarungu kelas X di SMALB-B YPTB Malang dengan penggunaan permainan monopoli. Saran yang diberikan peneliti adalah untuk pihak sekolah (guru) dapat menjadikan permainan monopoli sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8877

Actions (login required)

View Item View Item