Pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan seni rupa teknik kolase pada anak tunagrahita ringan kelas III di SDLB PTN Bag. C Lawang / Noverita Surya Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan seni rupa teknik kolase pada anak tunagrahita ringan kelas III di SDLB PTN Bag. C Lawang / Noverita Surya Dewi

Dewi, Noverita Surya (2016) Pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan seni rupa teknik kolase pada anak tunagrahita ringan kelas III di SDLB PTN Bag. C Lawang / Noverita Surya Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewi Noverita Surya. 2016. Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Seni Rupa Teknik Kolase Pada Anak Tunagrahita Kelas III di SDLB TN Bag.C Lawang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si. (II) Eka Pramono Adi S.IP. M.Si. Kata Kunci metode demonstrasi teknik kolase tunagrahita Muatan pembelajaran pada anak tunagrahita lebih diutamakan dalam aspek yang mengandung keterampilan. Salah satu keterampilan yang diajarkan di kelas III SDLB-C adalah seni rupa teknik kolase akan tetapi kemampuan seni rupa anak tunagrahita khususnya dalam pembelajaran kolase belum maksimal. Hal ini ditambah lagi dengan metode pembelajaran yang digunakan guru dimana pembelajaran masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan seni rupa anak tungrahita dengan teknik kolase sebelum dan sesudah diberikan treatment dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan desain one group pretes and post-tes. Data penelitian yang berupa penilaian hasil karya anak dihimpun dengan instrumen unjuk kerja melalui lembar observasi dengan skala penilaian. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai probabilitas hasil sampel 0.0010 maka nilai probabilitas tersebut lebih kecil dari 945 yaitu (0.05) sehingga ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi berpengaruh terhadap kemampuan berkarya seni rupa teknik kolase pada anak tunagrahita. Bagi guru disarankan untuk menggunakan metode ini bagi anak tunagrahita khususnya dalam berkarya seni rupa. Bagi peneliti lain disarankan mengembangkan metode ini dengan materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8876

Actions (login required)

View Item View Item