Pengembangan modul seni tari untuk mengoptimalkan pendidikan karakter pada anak tunarungu di SDLB Putra Jaya Malang / Arie Michael Roosmaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul seni tari untuk mengoptimalkan pendidikan karakter pada anak tunarungu di SDLB Putra Jaya Malang / Arie Michael Roosmaya

Roosmaya, Arie Michael (2016) Pengembangan modul seni tari untuk mengoptimalkan pendidikan karakter pada anak tunarungu di SDLB Putra Jaya Malang / Arie Michael Roosmaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arie Michael Roosmaya. 2016. Pengembangan Modul Seni TariUntuk Mengoptimalkan Pendidikan Karakter pada Anak Tunarungu di SDLB Putra Jaya Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si dan Pembimbing (2) Dr. Sihkabuden M.Pd. Kata Kunci Modul Seni Tari Pendidikan Karakter Tunarungu. Siswa tunarungu mengalami kesulitan dalam menerima informasi melalui media audio. Mereka juga punya gangguan dalam persepsi bunyi dan irama dan berkomunikasi dengan anak-anak pendengaran lainnya. Sebagai hasil mereka memiliki masalah dalam beradaptasi baik di dalam maupun di luar sekolah. Tunarungu adalah gangguan yang menunjukkan keterbatasan yang signifikan dalam pendengaran sehingga memiliki efek yang kompleks gangguan perilaku adaptif seperti konseptual sosial dan praktis. Sayangnya SDLB Putra Jaya Malang adalah kurangnya bahan ajar untuk mengoptimalkan pembangunan karakter pada anak-anak. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengembangkan modul pembelajaran instruksional untuk mengajar tari di SDLB Putra Jaya Malang (2) untuk menentukan efektivitas dari seni materi pengajaran tari di SDLB Putra Jaya Malang. Penelitian ini menggunakan R D (Research Development) yang terinspirasi dari model Sugiyono telah dimodifikasi menjadi delapan langkah seperti (1) identifikasi masalah (2) mengumpulkan informasi (3) desain produk ( 4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji produk (7) revisi produk (8) produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul tingkat berlaku. Hasil penelitian dari ahli materi diperoleh skor 84 4% (sangat valid) ahli media diperoleh skor 87 5% dan praktisi diperoleh skor 89 2%. Hasil pengujian efektivitas modul berdasarkan hasil belajar siswa mendapat kriteria yang efektif dengan skor 75%. Dari hasil tiga validasi ahli dan penilaian dari pembangunan karakter menunjukkan bahwa modul berlaku.Saran dari penelitian ini adalah (1) guru harus tetap memberikan bimbingan kepada siswa ketika modul yang digunakan. (2) Guru dapat mengembangkan modul pembelajaran pada bahan lainnya. (3) bagi peneliti lain meneliti produk lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8875

Actions (login required)

View Item View Item