Pengaruh penggunaan metode sisiodrama terhadap peningkatan kemampuan menceritakan kembali pada peserta didik tunarungu kelas IX di SMPLB B YPTB Malang / Inggrid Tunggal Swargani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan metode sisiodrama terhadap peningkatan kemampuan menceritakan kembali pada peserta didik tunarungu kelas IX di SMPLB B YPTB Malang / Inggrid Tunggal Swargani

Swargani, Inggrid Tunggal (2016) Pengaruh penggunaan metode sisiodrama terhadap peningkatan kemampuan menceritakan kembali pada peserta didik tunarungu kelas IX di SMPLB B YPTB Malang / Inggrid Tunggal Swargani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Swargani Inggrid Tunggal. 2016. Pengaruh Penggunaan Metode Sosiodrama Terhadap Peningkatan Kemampuan Menceritakan Kembali pada Peserta Didik Tunarungu Kelas IX di SMPLB B YPTB Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sudarsini M.Pd. (II) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si. Kata Kunci Tunarungu Metode Sosiodrama Kemampuan Menceritakan Kembali. Tunarungu merupakan peserta didik yang mengalami kekurangan atau kehilangan pendengaran yang mengakibatkan hambatan dalam perkembangan bahasa dan bicara. Dalam hal ini peserta didik tunarungu membutuhkan pelayanan khusus dalam pembelajarannya. Pembelajaran khusus yang dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan berbicaranya terutama dalam hal kemampuan menceritakan kembali adalah metode sosiodrama. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan (1) proses pembelajaran metode sosiodrama pada pengajaran menceritakan kembali peserta didik tunarungu kelas IX di SMPLB B YPTB Malang dan (2) pengaruh penggunaan metode sosiodrama terhadap peningkatan kemampuan menceritakan kembali pada peserta didik tunarungu kelas IX di SMPLB B YPTB Malang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk Single Subject Research (SSR) desain A-B-A. Subjek penelitian ini yaitu RF seorang peserta didik tunarungu di SMPLB B YPTB Malang. Subjek memiliki hambatan dalam menceritakan kembali. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu kemampuan menceritakan kembali. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu metode sosiodrama. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu naskah sosiodrama lembar penilaian menjawab soal dan menceritakan kembali lembar observasi dan dokumentasi. Instrumen divalidasi dengan menggunakan expert judgement. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis visual dalam kondisi dan analisis visual antar kondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh metode sosiodrama terhadap kemampuan menceritakan kembali. Keadaan ini ditunjukkan pada penelitian kemampuan menceritakan kembali pada fase baseline 1 (A1) antara 57 5% hingga 60% pada fase intervensi (B) antara 80% hingga 90% dan pada fase baseline 2 (A2) antara 85% hingga 87 5%. Hal ini juga ditunjukkan dengan perhitungan overlap fase baseline 1 (A1) ke fase intervensi (B) yaitu 0%. Perhitungan tersebut menyatakan intervensi memiliki pengaruh terhadap peningkatan target behavior. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) kemampuan menceritakan kembali peserta didik tunarungu pada fase baseline masih rendah dan membutuhkan intervensi (2) kemampuan menceritakan kembali meningkat pada fase intervensi dan tetap pada fase baseline kedua (3) metode sosiodrama yang diterapkan pada peserta didik tunarungu kelas IX memiliki pengaruh terhadap kemampuan menceritakan kembali. Berdasarkan hasil penelitian saran bagi guru yaitu guru lebih mengoptimalkan pembelajaran untuk meningkatkan berbicara peserta didik tunarungu dengan menggunakan metode sosiodrama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8874

Actions (login required)

View Item View Item