Pengaruh metode maternal reflektif terhadap kemampuan berbicara ana tunarungu kelas 2 di SDLB Negeri Purworejo Kota Pasuruan / Yuliastuti Alfiani Noermasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode maternal reflektif terhadap kemampuan berbicara ana tunarungu kelas 2 di SDLB Negeri Purworejo Kota Pasuruan / Yuliastuti Alfiani Noermasari

Noermasari, Yuliastuti Alfiani (2016) Pengaruh metode maternal reflektif terhadap kemampuan berbicara ana tunarungu kelas 2 di SDLB Negeri Purworejo Kota Pasuruan / Yuliastuti Alfiani Noermasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Noermasari Yuliastuti Alfiani. 2016. Pengaruh Metode Maternal Reflektif Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Tunarungu Kelas 2 di SDLB Negeri Purworejo Kota Pasuruan. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mohamad Efendi M.Pd M.Kes. (II) Dr. Saichudin M.Kes Kata kunci kemampuan berbicara metode maternal reflektif tunarungu Masalah ini berawal dari observasi di SDLB Negeri Purworejo Kota Pasuruan hasil observasi menunjukkan bahwa ketika berkomunikasi peserta didik tunarungu lebih sering menggunakan bahasa isyarat daripada berbicara. Anak tunarungu memang mengalami kemunduran suara pada fase lalling namun tidak menutup kemungkinan anak dapat berbicara hal ini tergantung pada lingkungan yang menstimulusnya. Metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak tunarungu adalah Metode Maternal Reflketif (MMR). MMR adalah suatu cara atau proses pemberian pengalaman belajar berbahasa lisan yang mengadopsi cara seorang Ibu dalam memberikan pemerolehan bahasa kepada anaknya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) mendeskripsikan kemampuan berbicara anak tunarungu sebelum diberi perlakuan (2) mendeskripsikan kemampuan berbicara anak tunarungu setelah diberi perlakuan (3) menganalisis pengaruh metode maternal reflektif terhadap peningkatan kemampuan berbicara anak tunarungu di kelas 2 di SDLB Negeri Purworejo Kota Pasuruan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain Quasi Experiment atau eksperimen semu dengan model One Group-Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan berupa tes lisan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan uji hipotesis wilcoxon. Berdasarkan pada hasil analisis data dapat diketahui bahwa hasil perhitungan tabel (diambil nilai terkecil) diperoleh Thitung sebesar 0. Sedangkan harga Ttabel dengan taraf signifikansi 5 % sebesar 1 merujuk pada kaidah keputusan yang sudah ditetapkan maka Ho ditolak dan Ha diterima karena Thitung Ttabel. Dari hasil yang telah diperoleh dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan nilai positif antara pretest dan posttest sehingga dapat disimpulkan bahwa metode maternal reflektif berpengaruh secara sginifikan terhadap kemampuan berbicara anak tunarungu kelas 2 di SDLB Purworejo Kota Pasuruan Saran yang diberikan peneliti adalah (1) diharapkan guru dapat melanjutkan penerapan metode maternal reflektif dalam pembelajaran dikarenakan metode maternal reflektif ini memberi pengaruh positif terhadap kemampuan berbicara. (2) Bagi peneliti selanjutnya Hendaknya dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai penerapan metode maternal reflektif terhadap potensi lainnya sehingga nantinya dapat diketahui efektifitasnya terhadap peningkatan potensi yang dimiliki peserta didik tunarungu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8873

Actions (login required)

View Item View Item