Pemanfaatan media miniatur rumah untuk meningkatkan kemampuan memahami letak benda pada pembelajaran IPS anak tunagrahita sedang kelas VI SLB Idayu 2 Kabupaten Malang / Evi Yuli Hastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media miniatur rumah untuk meningkatkan kemampuan memahami letak benda pada pembelajaran IPS anak tunagrahita sedang kelas VI SLB Idayu 2 Kabupaten Malang / Evi Yuli Hastuti

Hastuti, Evi Yuli (2015) Pemanfaatan media miniatur rumah untuk meningkatkan kemampuan memahami letak benda pada pembelajaran IPS anak tunagrahita sedang kelas VI SLB Idayu 2 Kabupaten Malang / Evi Yuli Hastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hastuti Evi Yuli. 2015. Pemanfaatan Media Miniatur Rumah Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Letak Benda Pada Pembelajaran IPS Anak Tunagrahita Sedang Kelas VI SLB Idayu 2 Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. M. Efendi M.Pd M.Kes (II) Drs. Usep Kustiawan M.Sn. Kata Kunci media miniatur rumah memahami letak benda IPS tunagrahita sedang Keterbatasan kecerdasan yang dimiliki anak tunagrahita menjadi kendala utama dalam belajar. Mereka tidak mampu berkompetisi dalam belajar dengan temannya yang normal sehingga mereka seringkali menjadi bahan olok-olok sebagai anak yang bodoh di kelas. Materi pembelajaran bagi anak tunagrahita harus dirinci dan sedapat mungkin dimulai dari hal-hal konkrit mengingat mereka mengalami keterbatasan dalam berfikir abstrak. Penelitian ini menggunakan Tujuan penelitian ini yaitu media Miniatur Rumah yang merupakan duplikasi rumah dalam ukuran kecil untuk memberikan kemudahan siswa mengetahui nama-nama dan letak perabot rumah. Merupakan media tiruan tiga dimensi untuk memberikan sesuatu yang kongkrit agar mudah dipahami dan menarik minat siswa untuk belajar.mendeskripsikan 1) pemanfaatan media Miniatur Rumah pada pembelajaran IPS tunagrahita sedang kelas VI SLB Idayu 2 Kabupaten Malang 2) peningkatan pemahaman tentang letak setiap benda yang ada di setiap ruangan di dalam rumah tungrahita sedang kelas VI SLB Idayu 2 Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK adalah proses insvestigasi terkendali untuk menemukan dan memecahkan masalah pembelajaran di kelas proses pemecahan masalah tersebut dilakukan secara bersiklus. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus tindakan yang dikembangkan oleh Akbar. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu 1) perencanaan 2) tindakan 3) pengamatan dan 4) refleksi. Hasil dari penelitian ini 1) kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran menggunakan media Miniatur Rumah pada siklus I memperoleh prosentase sebesar 82 5% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 96 31%. 2) aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh prosentase sebesar 65 28% meningkat pada siklus II menjadi 76 39% serta hasil belajar siswa yang pada awal siklus I hanya mencapai 25% meningkat menjadi 100% pada akhir siklus II. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa 1) Media Miniatur Rumah dapat digunakan dengan baik pada pembelajaran memahami letak benda pada mata pelajaran IPS anak tunagrahita sedang kelas VI SLB Idayu 2 Kabupaten Malang. 2) Pemanfaatan Media Miniatur Rumah dapat meningkatkan kemampuan memahami letak benda anak tunagrahita sedang pada mata pelajaran IPS pokok bahasan mengetahui nama-nama dan letak perabot rumah kelas VI SLB Idayu 2 Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8871

Actions (login required)

View Item View Item