Problematika yang dihadapi mahasiswa PPKn dalam melaksanakan praktik pengalaman lapangan (PPL) di SMP Kota Malang semester genap tahun 2008/2009 / Inggit Trisnanegoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika yang dihadapi mahasiswa PPKn dalam melaksanakan praktik pengalaman lapangan (PPL) di SMP Kota Malang semester genap tahun 2008/2009 / Inggit Trisnanegoro

Inggit (2010) Problematika yang dihadapi mahasiswa PPKn dalam melaksanakan praktik pengalaman lapangan (PPL) di SMP Kota Malang semester genap tahun 2008/2009 / Inggit Trisnanegoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Negoro InggitTrisna. 2009. Problematika Yang Dihadapi Mahasiswa PPKn Dalam Melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Di SMP Kota Malang Semester Genap Tahun 2008/2009. Skripsi Jurusan PendidikanPancasila dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H.Suparman A.W S.H. M.Hum. (II) Dra Arbaiyah Prantiasih M.Si. Kata kunci problematika mahasiswa jurusan PPKn melaksanakan PPL Universitas Negeri Malang (UM) merupakan lembaga pendidikan yang bertugas mencetak mahasiswanya baik sebagai tenaga kependidikan yakni guru maupun tenaga non kependidikan agar profesional sesuai dengan bidang keahliannya. Dalam pelaksanaan studi Universitas Negeri Malang (UM) tidak hanya menyelenggarakan pengajaran di kampus namun mahasiswa juga diberi kesempatan untuk melaksanakan praktik yang salah satunya melalui PPL. Menurut Buku Pedoman Pendidikan UM Bab VI pasal 33 ayat 1 (2007 52) disebutkan bahwa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah yang mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam melaksanakan praktik kependidikan dan non kependidikan agar mahasiswa siap menjadi tenaga profesional dalam bidang keahliannya . Seperti halnya mahasiswa dari jurusan lain mahasiswa jurusan PPKn pun juga wajib menempuh PPL yakni PPL keguruan karena nantinya para lulusan dari jurusan tersebut akan diprioritaskan untuk menjadi tenaga-tenaga pendidik. Dalam pelaksanaannya para mahasiswa tersebut tentunya banyak mengalami problem dikarenakan mereka belum mengetahui kondisi lapangan tempatnya praktik. Tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk mendeskripsikan problematika yang dihadapi mahasiswa praktikan UM jurusan PPKn dalam menyusun perangkat pembelajaran meliputi program tahunan program semester silabus dan RPP pada pembelajaran PKn 2)Untuk mendeskripsikan problematika yang dihadapi mahasiswa praktikan UM jurusan PPKn dalam melaksanakan praktik peer teaching pada PPL I kampus 3)Untuk mendeskripsikan problematika yang dihadapi mahasiswa praktikan UM jurusan PPKn dalam melaksanakan praktik real teaching pada PPL II di sekolah 4)Untuk mendeskripsikan problematika yang dihadapi mahasiswa praktikan UM jurusan PPKn dalam hubungannya dengan pihak sekolah tempatnya praktik 5)Untuk mendeskripsikan problematika yang dihadapi mahasiswa praktikan UM jurusan PPKn dalam hubungannya dengan guru pamong 6)Untuk mendeskripsikan problematika yang dihadapi mahasiswa praktikan UM jurusan PPKn dalam hubungannya dengan sesama praktikan lainnya 7)Untuk mendeskripsikan problematika yang dihadapi mahasiswa UM jurusan PPKn dalam hubungannya dengan dosen pembimbing 8)Untuk mendeskripsikan problematika yang dihadapi mahasiswa praktikan UM jurusan PPKn dalam menyusun studi kasus. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif survai. Sampel penelitian sebesar 30 sampel yang diambil dengan teknik purposive random sampling. Untuk mengumpulkan data digunakan metode angket sebagai metode utama metode wawancara sebagai metode penyerta. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan mencari persentase dari hasil jawaban angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 56 67% mahasiswa yang melaksanakan praktik mengajar bidang studi PKn masih mengalami kesulitan dalam menyusun program tahunan (prota) 53 33% mahasiswa yang melaksanakan praktik mengajar bidang studi PKn masih mengalami kesulitan dalam menyusun program semester 53 33% mahasiswa yang melaksanakan praktik mengajar bidang studi PKn masih mengalami kesulitan dalam menyusun RPP sedangkan 63 33% mahasiswa yang melaksanakan praktik mengajar bidang studi PKn sudah tidak mengalami kesulitan lagi dalam menyusun silabus. Selain itu dalam pelaksanaan peer teaching 53 33% mahasiswa masih mengalami kesulitan. Dalam pelaksanaan praktik real teaching 66 67% mahasiswa yang melaksanakan praktik mengajar bidang studi PKn belum dapat mengelola kelas dengan baik. Terkait hubungannya dengan pihak sekolah sebanyak 83 33% mahasiswa selalu mendapat kemudahan ijin dari koordinator PPL sekolah bila akan meninggalkan sekolah 83 33% mahasiswa yang melaksanakan praktik mengajar bidang studi PKn disiplin dalam melaksanakan tugas piket 70% mahasiswa yang melaksanakan praktik mengajar bidang studi PKn selalu datang tepat waktu ke sekolah dan 86 67% mahasiswa yang melaksanakan praktik mengajar bidang studi PKn mampu bersosialisasi dengan baik di sekolah. Terkait hubungannya dengan guru pamong 100% mahasiswa yang melaksanakan praktik mengajar bidang studi PKn menyatakan bahwa guru pamong telah membimbing dengan baik selama PPL di sekolah dan memberikan kemudahan ijin saat praktikan akan meninggalkan sekolah. Terkait hubungannya dengan sesama praktikan 66 67% mahasiswa yang melaksanakan praktik mengajar bidang studi PKn tidak pernah berkonflik dengan sesama teman praktikan. Terkait hubungannya dengan dosen pembimbing 40% mahasiswa jurusan PPKn menyatakan kuantitas kunjungan dosen pembimbing ke sekolah sebanyak 4 kali. Sedangkan dalam menyusun tugas studi kasus 80% mahasiswa yang melaksanakan praktik mengajar bidang studi PKn tidak mengalami kesulitan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar para mahasiswa jurusan PPKn lebih meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya dalam menyusun perangkat pembelajaran (prota promes silabus dan RPP) agar keprofesionalannya sebagai seorang tenaga pendidik dapat menjadi lebih baik. Kemampuan lain yang perlu ditingkatkan adalah terkait pengelolaan kelas dan juga sikap tegas sebagai seorang guru. Untuk jurusan PPKn disarankan agar lebih meningkatkan kualitas pembelajaran pada PPL I kampus agar penyajian dan pengadaan materi yang akan menjadi bekal para mahasiswa dalam melaksanakan PPL dapat secara mendalam dipahami sehingga mahasiswa tidak lagi mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan pengetahuan yang didapatnya di kampus saat melaksanakan PPL di sekolah. Selain itu bagi jurusan PPKn hal ini dapat dijadikan wacana untuk lebih memperhatikan kinerja dan meningkatkan lagi kualitas profesionalitas mahasiswanya sebagai calon tenaga pendidik agar dapat semakin baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/88701

Actions (login required)

View Item View Item