Peningkatan motivasi belajar membaca melalui penggunaan media kotak obat pada siswa SMPLB kelas VII tunagrahita ringan di SLB Negeri Pandaan / Eka Yanti Handini - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan motivasi belajar membaca melalui penggunaan media kotak obat pada siswa SMPLB kelas VII tunagrahita ringan di SLB Negeri Pandaan / Eka Yanti Handini

Handini, Eka Yanti (2015) Peningkatan motivasi belajar membaca melalui penggunaan media kotak obat pada siswa SMPLB kelas VII tunagrahita ringan di SLB Negeri Pandaan / Eka Yanti Handini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Handini Eka Yanti. 2015.Peningkatan Motivasi Belajar Membaca Melalui Penggunaan Media Kotak Obat Pada Siswa SMPLB Kelas VII Tunagrahita Ringan Di SLB Negeri Pandaan.Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.DosenPembimbing (I) Drs.Ir.EndroWahyuno M.Si (II) Drs.H.AhmadSamawi M.Hum. Kata Kunci Media Kotak Obat Motivasi Belajar Membaca Tuna Grahita Ringan Penelitiantindakankelasiniadalahmendeskripsikanpemanfaatan media kotak obat untuk 1. Meningkatkanpembelajaransiswatunagrahitauntukmemahamiteksbacaanpendek 2.Meningkatkanmotivasi belajar membaca siswa kelas VII SMPLB Negeri Pandaan. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif yang dilakukansecarasistematisdanreflektifterhadapberbagaihasiltemuan data dalamtindakan. Model penelitiandiadaptasidari model yang dikembangkanolehKemmisdanMc Taggart dalamSukaryana( 2003 30 ). Penelitiandilakukandalamduasiklus tiapsiklustindakanterdiridariempatlangkahkegiatan ( 1 ) Perencanaantindakan ( 2 ) Pelaksanaantindakan ( 3 ) Observasi ( 4 ) Refleksi. SubyekpenelitianadalahsiswakelasVII SMPLB NegeriPandaanKecamatanPandaanKabupatenPasuruan. Deskripsi data diperolehdenganmelakukananalisisdansintesissertamereduksihasiltemuan data pratindakandanhasiltindakan sehinggamenjadipaparan data yang dapatdipergunakanuntukmenarikkesimpulanhasilpenelitian.Deskripsi data hasilpenelitianadalah hasilmotivasibelajarmembacapada rata rata kelassiswapratindakan 65% setelahdilakukantindakan padasiklus I hasilmotrivasibelajar67.5% tetapimasih di bawahnilaistandart minimal 75% setelahmelakukanrefleksiuntukpenyempurnaanpelaksanaantindakan padasiklus II hasilmotivasibelajarmembaca rata rata kelas yang dicapaisiswadapatmeningkatmenjadi 83.3%. Penelitimemutuskanuntukmenghentikantindakanpadasiklus II karenahasilmotivasibelajarmembaca rata rata kelassiswatelahmelebihistandart minimum rata rata kelas 75% sesuaisasaran yang telahditetapkan. Kesimpulan media kotakobatdapatdigunakandenganbaikdalampembelajaranmembaca di SMPLB NegeriPandaan media kotakobatdapatmeningkatkanmotivasibelajarmembacaanaktunagrahitaringan.Disarankan agar dalambelajarmembaca guru menggunakan media sehinggaberdampakpadameningkatnyahasilmotivasibelajarmembaca. Hasiltemuan data dalampenelitianmenunjukkanbahwa proses pembelajaran penggunaan media kotak obatdapatmenciptakan proses pembelajarankomunikatifdanmotivasibelajarsehinggasiswadapatterlibatdanmenjadisubyekdalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8870

Actions (login required)

View Item View Item