Pengembangan media pembelajaran IPA materi mendeskripsikan bagian tubuh hewan berbasis multimedia pada siswa kelas III SDLBN Bagian C (tunagrahita) Kraksaan Kabupaten Probolinggo / Antonius Mayendra Dai Keraf - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran IPA materi mendeskripsikan bagian tubuh hewan berbasis multimedia pada siswa kelas III SDLBN Bagian C (tunagrahita) Kraksaan Kabupaten Probolinggo / Antonius Mayendra Dai Keraf

Keraf, Antonius Mayendra Dai (2015) Pengembangan media pembelajaran IPA materi mendeskripsikan bagian tubuh hewan berbasis multimedia pada siswa kelas III SDLBN Bagian C (tunagrahita) Kraksaan Kabupaten Probolinggo / Antonius Mayendra Dai Keraf. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Keraf Antonius Mayendra Dai. 2015. Pengembangan media Pembelajaran IPA Materi Mendeskripsikan Bagian Tubuh Hewan Berbasis Multimedia Pada Siswa Kelas III SDLBN bagian C (Tunagrahita) Kraksaan Kabupaten Probolinggo Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Moh. Efendi M.Pd. M.Kes (2) Henry Praherdiono M.Si. M.Pd Kata Kunci pengembangan media pembelajaran Multimedia flash tunagrahita IPA Mendeskripsikan Bagian Tubuh Hewan Tunagrahita adalah seseorang yang mengalami keterbatasan dalam berpikir kompleks. Keterbatasan tersebut membuat siswa tunagrahita mengalami hambatan dalam belajar. Siswa tunagrahita mudah beralih perhatiannya ke hal yang dianggapnya lebih menarik. Keterbatasannya dalam kemampuan intelektualnya menjadikan materi pembelajaran dalam bidang akademik harus bersifat sederhana. Siswa tunagrahita membutuhkan media yang sesuai dengan karakteristik anak tunagrahita. IPA adalah salah satu pelajaran yang bersifat verbal. Pelajaran IPA khususnya materi mendeskripsikan bagian tubuh hewan untuk anak tunagrahita sangat membutuhkan media. Media tersebut berfungsi untuk membantu guru menjelaskan materi. Berkaitan dengan itu maka pengembangan media pelajaran IPA materi mendeskripsikan bagian tubuh hewan sangat dibutuhkan. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran multimedia untuk mendeskripsikan bagian-bagian tubuh hewan bagi siswa tunagrahita kelas III SDLBN Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pengembangan. Data penilaian yang berupa kritik dan saran merupakan data kualitatif sedangkan data penilaian yang berupa pilihan ganda merupakan data kuantitatif. Sampel penelitiannya adalah siswa tunagrahita kelas III SDLBN Kraksaan Kabupaten Probolinggo yang berjumlah 4 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket terbuka dan tertutup yang diberikan kepada beberapa ahli yaitu ahli media ahli materi dan ahli praktisi. Kegiatan analisis data menggunakan metode yang dikembangkan oleh Lee Owens dimulai dari tahap analisis dan penelitian tahap desain tahap pengembangan dan implementasi dan tahap evaluasi. Berdasarkan data yang diperoleh dari ahli media menghasilkan skor 93% yang menunjukkan data valid dari ahli materi menghasilkan skor 84% yang menunjukkan valid dari ahli praktisi menghasilkan skor 95% yang menunjukkan valid. Saran yang diajukan adalah peneliti selanjutnya hendaknya mengembangkan media pembelajaran dengan subjek uji coba tidak hanya di satu sekolah saja. Misalnya menggunakan subjek uji coba dari dua sekolah atau lebih sehingga kelayakan atau kevalidan media lebih terbukti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8867

Actions (login required)

View Item View Item