Pengembangan media interaktif dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang untuk anak tunarunggu kelas VIII SMPLB / Riyan Latuverisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media interaktif dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang untuk anak tunarunggu kelas VIII SMPLB / Riyan Latuverisa

Latuverisa, Riyan (2015) Pengembangan media interaktif dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang untuk anak tunarunggu kelas VIII SMPLB / Riyan Latuverisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK RiyanLatuvrisa 2015. Pengembangan Media InteraktifDalamPembelajaranMatematikaMateriBangunRuangUntukAnak TunarunguKelas VIII SMPLB Skripsi. JurusanPendidikanLuarBiasa FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Thomas Irianto S.Pd M.Pd. (II) Drs. Usepkustiawanm.Sn Kata kunci Pengembangan MediaInteraktif Anak Tunarungu BangunRuang. SMPLB B YPTB Malang dan SMPLB Kedungkandang Malang adalahsebagiankecildarisekiansekolahuntukanak-anaktunarungu. Dari hasilobservasiawaldi keduasekolahtersebut masalah yang mendasar yang perlusegeradiatasiadalahbagaimana guru dapatmenyampaikanmateri agar anaktunarungudapatcepatmengertidanmenerimamateri yang diberikan.Dapatdilihatdaripembelajaranmatematikasiswamasihsulituntukmengikutipembelajaran yang diberikan olehkarenaitupenelitiinginmengembangkan media pembelajaraninteraktifmateri Bangun Ruangmakapenelitiinginmelakukanpenelitianmengenaipengembangan media pembelajaraninteraktifberbasis computer. denganjudul Pengembangan Media InteraktifdalamPembelajaranMatematikaMateriBangunRuanguntukAnak TunarunguKelas VIII SMPLB . Tujuanpengembanganiniadalahuntukmenghasilkanprodukberupa media pembelajaraninteraktifdanmengujikelayakanproduk yang dapatdigunakansebagaialat bantu dalamkegiatanpembelajaranMatematikamateriBangunRuangsehingganantinyadapatmembuatpembelajaranlebihinovatif menariksertadapatmemusatkanperhatiansiswatunarungukhususnyadi SMPLB Kedungkandang Malangdan SMPLB B YPTB Malang. Model pengembangan yang digunakandalampenelitiandiadopsi dari model pengembanganSugiyono (2009) sebagai dasar pengembangan media pembelajaraninteraktif.Ada tujuh tahapan dalam pengembangan media pembelajaran interaktif yaitu (1) research and information colletion (penelitiandanpengumpulan data) (2) planning (perencanaan) (3) develop preliminary form of product (pengembangan draft produkawal) (4) preliminary field testing (ujicobaawal) (5) main product revision (revisihasilujicoba) (6) main field testing(ujilapanganprodukutama) dan (7) operational product revision(revisipemakaianproduk). Hasilpengembangan media pembelajaran interaktifinidinyatakan dalam kualifikasi valid/layakberdasarkan analisis sebagai berikut validasiahli media 93 75% ahlimateri89 583% ujicobaperorangan 87 5%dan uji coba Kelompok besar65 5 %.Dengandemikian produk yang dikembangkandinyatakan valid danefektif digunakansebagai media dalam proses pembelajaran. Dilihat dari hasil validasi media pembelajaran interaktif diatas dapat disimpulkan media pembelajaran interaktif untuk anak tunarungu kelas VIII SMPLB B sudah layak digunakan dan dapat diterapkan dalam pembelajaran MatematikamateriBangunRuang. Saran yang diajukanberdasarkanhasilpengembanganyaitu (1) Guru dansiswahendaknyamemperhatikanpetunjukpenggunaanmedia pembelajaran interaktif terlebih dahulu (2) BagiSekolahPengembangan media pembelajarainteraktifuntukjenjangSMPLB Bdapatdijadikanalternatif media yang digunakanuntukmenunjang proses belajarmengajar (3)Bagipengembang yang akanmemproduksi media yang sama hasilpenelitianinidapatdijadikansebagai Salah saturujukandalampenelitiandanpengembangan media pembelajaraninteraktifdengantema yang berbedasertamenghasilkanproduk media yang lebihbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8866

Actions (login required)

View Item View Item