Arita, Izza Noer (2015) Pengembangan media balok flanel interaktif terhadap peningkatan berhitung permulaan siswa tunagrahita SLB BC Dharma Wanita 03 Turen / Izza Noer Arita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Arita Izza Noer 2015.Pengembangan Media Balok Flannel Interaktif Terhadap Peningkatan Berhitung Permulaan Siswa Tunagrahita SLB BC Dharma Wanita 03 Turen Skripsi Program Study Pendidikan Luar Biasa Jurusan Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs.Ir. Endro Wahyuno M.Si (II) Henry Praherdiono S.Si M Pd Kata Kuci Pengembangan Media Balok Flanel Interaktif Berhitung Permulaan Tunagrahita Secara umum pada siswa reguler lebih mudah dalam mengikuti pembelajaran matematika daripada siswa yang memiliki dalam hambatan intelegensi. Siswa dengan hambatan intelegensi disebut sebagai tunagrahita.siswa tunagrahita kesulitan pada mengabstaraki informasi yang diterimanya. Sehingga memerlukan media yang dapat membantu pola berfikir secara konkret pada materi yang disampaikan. Pengembangan media ini menggunakan metode pengembangan dari Sugiyono (2012)dengan tahapan (1) potensi dan masalah (2) pengumulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk (10) produksi masal. Subyek uji kelayakan media adalah (1) ahli materi (2) ahli media (3) ahli praktisi(guru). Subyek uji coba lapangan terdiri dari 6 siswa tunagrahita SLB BC Dharma Wanita 03 Turen. Hasil pengembangan menunjukan media balok flannel interaktif terhadap peningkatan kemampuan berhitung permulaan yang valid untuk digunakan oleh siswa tunagrahita di SLB BC Dharma Wanita 03 Turen. Hasil penilaian ahli materi pada materi yang disajikan bahasa dan karakteristik sasaran diperoleh 85% dengan kriteria sangat valid. Hasil penilaian ahli media pada nilai keefektifan kemenarikan dan efisiensi media diperoleh hasil rata-rata 75% dengan kriteria valid. Pada hasil penilaian ahli praktisi pada aspek kegunaan keefektifan media dan waktu diperoleh 88% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan pada penilaian uji coba didapatkan rata-rata 66 dengan kualifikasi sangat valid digunakan. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu produk yang dihasilkan mendapatkan hasil yang tepat dan valid digunakan siswa Tunagrahita SLB BC Dharma Wanita 03 Turen. Saran yang diajukan adalah peneliti selanjutnya hendaknya mengembangkan media pembelajaran yang lebih variatif dengan subyek yang lebih luas .
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8859 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |