Persepsi masyarakat tentang agen perubahan dalam pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat di bidang pendidikan (studi kasus di Lembaga Sosial Pendidikan Harapan Bajulmati Kabupaten Malang) / Nur Fadlin Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi masyarakat tentang agen perubahan dalam pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat di bidang pendidikan (studi kasus di Lembaga Sosial Pendidikan Harapan Bajulmati Kabupaten Malang) / Nur Fadlin Amalia

Amalia, Nur Fadlin (2015) Persepsi masyarakat tentang agen perubahan dalam pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat di bidang pendidikan (studi kasus di Lembaga Sosial Pendidikan Harapan Bajulmati Kabupaten Malang) / Nur Fadlin Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amalia Nur Fadlin. 2015. Persepsi Masyarakat Tentang Agen Perubahan dalam Pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Pendidikan (Studi Kasus di Lembaga Sosial Pendidikan Harapan Bajulmati Kabupaten Malang). Skripsi Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pe ndidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Nurhadi M.Pd (II) Dr. Zulkarnain Nasution M.Pd. Kata Kunci persepsi masyarakat agen perubahan pemberdayaan masyarakat dibidang pendidikan Agen perubahan adalah seorang individu yang berperan membantu proses perubahan masyarakat menuju kemandirian. Pada penelitian-penelitian sebelumnya pembahasan mengenai persepsi masyarakat tentang agen perubahan masih belum terlalu banyak di ulas secara jelas dan mendalam. Berkaitan dengan hal itu maka diperlukan pembahasan mengenai persepsi masyarakat tentang agen perubahan dalm pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat khususnya dibidang pendidikan. Agen perubahan tersebut adalah SI. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup persepsi masyarakat tentang sosok agen perubahan persepsi masyarakat tentang kehadiran agen perubahan dan persepsi masyarakat tentang program pemberdayaan masyarakat dibidang pendidikan yang dijalankan agen perubahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data penelitian yang berupa paparan mengenai persepsi masyarakat tentang agen perubahan diperoleh dari beberapa informasi secara lansung kepada masyarakat Dusun Bajulmati. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrument manusia yaitu peneliti sendiri. Kegiatan analisis data dimulai dari reduksi data mendisplay data dan memverifikasi data tersebut. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama banyak masyarakat binaan SI yang mempersepsikan dirinya sebagai sosok individu yang mengagumkan dan sangat dihormati karena SI merupakan sosok yang ramah peduli dan sangat berperan penting dalam membantu proses perubahan di Dusun Bajulmati. Kedua persepsi masyarakat mengenai kehadiran SI diantara mereka direspon sangat baik dan begitu dihargai keberadaannya. Bahkan banyak masyarakat yang sangat mengerti awal perjuangan beliau membangun masyarakat Dusun Bajulmati menjadi masyarakat yang lebih baik. Ketiga Masyarakat mempersepsikan program yang dijalankan SI merupakan program yang sangat mereka butuhkan dan telah melalui tahap perencanaan pelaksanaan dan juga evaluasi meskipun tidak pada semua program tahap tersebut dijalankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8858

Actions (login required)

View Item View Item