Pengembangan media video senam irama dalam pembelajaran pendidikan jasmani adaptif pada siswa tunagrahita kelas VI SDLB Negeri Kedungkandang Malang / Restu Pangesti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video senam irama dalam pembelajaran pendidikan jasmani adaptif pada siswa tunagrahita kelas VI SDLB Negeri Kedungkandang Malang / Restu Pangesti

Pangesti, Restu (2015) Pengembangan media video senam irama dalam pembelajaran pendidikan jasmani adaptif pada siswa tunagrahita kelas VI SDLB Negeri Kedungkandang Malang / Restu Pangesti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pangesti Restu. 2015. Pengembangan Media Video Senam Irama Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Pada Siswa Tunagrahita Kelas VI SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd M.Pd (II) Drs. Abdul Huda M.Pd. Kata Kunci Media Video Senam Irama Pendidikan Jasmani Adaptif Tunagrahita Tunagrahita adalah kelainan yang meliputi fungsi intelektual di bawah rata-rata. Siswa dengan kelainan tunagrahita memiliki problema belajar yang disebakan adanya hambatan perkembangan intelegensi mental emosi sosial dan fisik. Pada pembelajaran pendidikan jasmani adaptif siswa tunagrahita memerlukan keberagaman kegiatan olahraga salah satunya adalah kegiatan senam irama. Oleh karena itu siswa tunagrahita memerlukan media pembelajaran yang tepat dalam proses kegiatan belajar mengajar pendidikan jasmani adaptif. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan media video senam irama dalam pembelajaran pendidikan jasmani adaptif pada siswa tunagrahita kelas VI SDLB Negeri Kedungkandang Malang yang disesuaikan dengan karakteristik siswa tunagrahita. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi langkah-langkah pengembangan model Dick Carey yang diadaptasi oleh Setyosari (2013). Subjek uji coba produk terdiri dari ahli materi ahli media praktisi dan uji coba kelompok kecil yang terdiri dari 5 siswa tunagrahita kelas VI SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Hasil pengembangan menunjukan tingkat kevalidan media video senam irama. Hasil penilaian ahli materi memperoleh presentasae 92% ahli media memperoleh 94% praktisi memperoleh 92% dan uji coba kelompok kecil memperoleh rata-rata 88% dengan kualifikasi sangat layak untuk digunakan. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu produk yang dihasilakan mendapat hasil yang tepat dan valid digunakan siswa tunagrahita Kelas VI SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Saran yang diajukan adalah (1) peneliti selanjutnya dapat mengembangankan senam irama dengan model gerakan dan irama yang lainya dalam pembelajaran pendidikan jasmani adaptif (2) peneliti selanjutnya dapat mengembangkan senam irama dengan menggunakan subjek Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang lainya (3) peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan memperbanyak keragaman populasi dan wilayah penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8857

Actions (login required)

View Item View Item