Renaningsih, Mardiana Dhomastuti (2020) Penanaman sikap toleransi siswa di Sekolah Menengah Atas Katolik Diponegoro Blitar melalui ekstrakulikuler pramuka / Mardiana Dhomastuti Renaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Renaningsih Mardiana Dhomastuti. 2019. Penanaman Sikap Toleransi Siswa di Sekolah Menengah Atas Katolik Diponegoro Blitar Melalui Ekstrakulikuler Pramuka. Skripsi. Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. A. Rosyid Al Atok M.Pd. M.H. (II) Rusdianto Umar SH. M.Hum. Kata Kunci Sikap Toleransi Ekstrakulikuler Pramuka Indonesia merupakan negara terdiri dari berbagai suku bangsa bahasa dan agama. Hal ini menjadikan Indonesia negara yang kaya akan kebudayaan. Namun belakangan ini Indonesia seringkali mengalami banyak ujian terkait dengan masalah toleransi sehingga menyebabkan proses interaksi sosial terganggu. Sikap toleransi penting dalam kehidupan manusia baik dalam berkata-kata maupun dalam bertingkah laku. Toleransi berarti menghormati menghargai dan menerima perbedaan sehingga terwujud keserasian dan keharmonisan hidup jauh dari konflik ketegangan sosial pertentangan dan permusuhan bersifat SARA dalam masyarakat. Upaya menanamkan sikap toleransi sejak dini adalah melalui jalur pendidikan karena pendidikan merupakan faktor utama dalam pembentukan pribadi manusia. Dalam pelaksanaannya di sekolah penanaman sikap toleransi siswa dapat dilakukan secara terpadu melalui proses pembelajaran di intrakulikuler maupun ekstrakurikuler. Salah satu pembelajaran ekstrakulikuler adalah melalui kegiatan Pramuka. Penelitian ini bertujuan adalah (1) mengetahui bagaimana penanaman sikap toleransi siswa melalui ekstrakulikuler Pramuka di SMA Katolik Diponegoro Blitar (2) mengetahui bagaimana evaluasi penanaman sikap toleransi siswa melalui ekstrakulikuler Pramuka di SMA Katolik Diponegoro Blitar (3) mengetahui kendala dalam pelaksanaan penanaman sikap toleransi siswa melalui ekstrakulikuler Pramuka di SMA Katolik Diponegoro Blitar dan (4) mengetahui solusi mengatasi kendala dalam penanaman sikap toleransi siswa melalui ekstrakulikuler Pramuka di SMA Katolik Diponegoro Blitar. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam bentuk studi kasus. Pengumpulan data dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yaitu pengumpulan data reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Sebagai subyek penelitiana adalah Kepala Sekolah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Pembina Pramuka dan anggota Pramuka SMA Katolik Diponegoro Blitar. Hasil penelitian menunjukkan (1) pelaksanaan sikap toleransi siswa yakni (a) sikap toleransi beragama antara lain toleransi beribadah sesuai agama dan keyakinan sesama anggota buka bersama (b) sikap toleransi antaranggota Pramuka dan masyarakat antara lain kunjungan ke sekolah lain perkemahan gabungan dan bakti sosial (c) sikap peduli terhadap lingkungan antara lain membersihkan sampah pembelajaran mengolah sampah kunjungan ke Bank Sampah dan pembuatan bipori (2) evaluasi penanaman sikap toleransi siswa yakni (a) evaluasi secara langsung (spontan) ketika anggota melakukan pelanggaran dan (b) evaluasi melalui rapat Dewan Ambalan (3) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan penanaman sikap toleransi siswa antara lain kendala bahasa dalam penyampaian materi kendala waktu dan kendala sarana dan prasarana (4) solusi mengatasi kendala dalam penanaman sikap toleransi siswa antara lain pemberian tauladan pembiasaan diri pemberian nasehat dan pemberian sanksi atau hukuman.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jan 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/88560 |
Actions (login required)
View Item |