Motivasi masyarakat berkunjung ke makam Bung Karno di Kecamatan Sananwetan Kota Blitar / Winda Suci Rahayu

Rahayu, Winda Suci (2020) Motivasi masyarakat berkunjung ke makam Bung Karno di Kecamatan Sananwetan Kota Blitar / Winda Suci Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahayu, Winda Suci. 2019. Motivasi Masyarakat Berkunjung ke Makam Bung Karno di Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang, Pembimbing (1) Dr. Siti Awaliyah, S.Pd, M.Hum, (2) Dr. H. Edi Suhartono, SH, M.Pd Kata Kunci: motivasi, masyarakat, Makam Bung Karno Makam Bung Karno merupakan makam dari tokoh proklamator Bangsa Indonesia yaitu Bung Karno yang terletak di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Eksistensi Makam Bung Karno sebagai objek wisata religi sudah dikenal oleh masyarakat secara luas. Masyarakat yang datang berkunjung memiliki latar belakang karakteristik yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) Alasan masyarakat berkunjung ke Makam Bung Karno di Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, dan (2) Kegiatan yang dilakukan masyarakat saat berkunjung ke Makam Bung Karno di Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analisis. Sumber data dari penelitian ini yaitu pengunjung, pengurus dan masyarakat sekitar Makam Bung Karno, serta pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara yang dilakukan peneliti terbuka dan tidak terstruktur, peneliti mengajukan pertanyaan-pertanyaan guna mendapatkan informasi secara rinci dari informan. Observasi yang dilakukan oleh peneliti yaitu observasi dimana peneliti mengamati seluruh kegiatan yang dilakukan oleh informan di sekitar kawasan Makam Bung Karno. Dokumentasi dilakukan peneliti dijadikan sebagai informasi pendukung dalam temuan penelitian. Analisis data yang digunakan merujuk pada Miles dan Huberman yang terdiri dari empat langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa alasan masyarakat berkunjung ke Makam Bung Karno. Alasan masyarakat berkunjung ke Makam Bung Karno yaitu masyarakat ingin berekreasi, berziarah, sekedar mampir, dan pingin tahu. Kemudian, kegiatan yang dilakukan masyarakat saat berkunjung ke Makam Bung Karno yaitu Berdoa di Makam Bung Karno, Foto-foto, Belanja, Melihat-lihat atau Jalan-jalan, Mengunjungi museum, dan Mengunjungi perpustakaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/88559

Actions (login required)

View Item View Item