Peran sekolah dalam membentuk karakter siswa melalui kegiatan penguatan pendidikan karakter di SMAN 3 Malang / Delvi Berlianasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran sekolah dalam membentuk karakter siswa melalui kegiatan penguatan pendidikan karakter di SMAN 3 Malang / Delvi Berlianasari

Berlianasari, Delvi (2020) Peran sekolah dalam membentuk karakter siswa melalui kegiatan penguatan pendidikan karakter di SMAN 3 Malang / Delvi Berlianasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Berliana Delvi. 2019. Peran Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter Di SMAN 3 Malang .Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Siti Awaliyah S.Pd. M.hum (2) Drs. Ketut Diara Astawa S.Pd M.Si Kata Kunci Pendidikan Peran Sekolah Penguatan Pendidikan Karakter Penguatan pendidikan karakter merupakan Gerakan pendidikan di sekolah dalam upaya memperkuat karakter peserta didik Kerja sama antara sekolah keluarga dan masyarakat menjadi kunci keberhasilan penerapan penguatan pendidikan karakter. Sebagai program prioritas pendidikan dan kebudayaan Gerakan PPK berfokus pada struktur yang sudah ada dalam sistem pendidikan nasional yaitu program kurikulum dan kegiatan yang berbasis pada kelas budaya sekolah dan masyarakat.Hal inilah yang menjadi latar belakang penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan mengenai (1) program kegiatan penguatan pendidikan karakter di SMAN 3 Malang (2) Nilai karakter yang dibentuk dalam kegiatan penguatan pendidikan karakter di SMA Negeri 3 Malang (3) Pelaksanaan kegiatan penguatan pendidikan karakter di SMAN 3 Malang (4) Hambatan dalam proses implementasi kegiatan penguatan pendidikan karakter di SMA Negeri 3 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti bertindak sebagai observer (pengamat). Lokasi penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah di SMA Negeri 3 Malang yang telah menerapkan program kegiatan penguatan pendidikan karakter dan berhasil mendapat predikat sekolah ramah anak terbaik seprovinsi Jawa Timur. Pengumpulan data dengan menggunakan tiga metode yaitu observasi (pengamatan) interview (wawancara) dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat diperoleh kesimpulan (1) Terdapat 4 program kegiatan penguatan pendidikan karakter di SMAN 3 Malang yaitu 3S (Senyum Sapa Salam) peraturan tata tertib sekolah kajian rutin dan program tahunan orang tua (2 ) Nilai karakter yang dibentuk dalam program pokok kegiatan penguatan pendidikan karakter di SMAN 3 Malang yaitu nilai religius disiplin tanggung jawab persahabatan dan kerjasama (3) pelaksanaan 4 program kegiatan penguatan pendidikan karakter di laksanakan oleh seluruh warga sekolah yang melibatkan peserta didik kepala sekolah guru dan orang tua dari beberapa kegiatan terdapat beberapa sanksi yang diterapkan sekolah apabila terdapat peserta didik melanggar peraturan (4) kendala yang dihadapi dalam kegiatan penguatan pendidikan karakter di SMAN 3 Malang yaitu peserta didik masih sering kali bersikap acuh tak acuh kepada guru maupun teman sebaya di sekolah yang dia tidak kenal guru dan peserta didik masih sering kali terlambat datang ke sekolah peserta didik keluar terlebih dahulu sebelum kegiatan kajian rutin selesai selalu terdapat wali murid yang tidak menghadiri kegiatan program tahunan orang tua Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu (1) Bagi SMAN 3 Malang sebagai salah satu penyelenggara kegiatan penguatan pendidikan karakter agar membuat lebih banyak lagi program kerja yang dalam pembiasaan pembiasaan di dalam kegiatan PPK tersebut terdapat nilai nilai karakter yang bisa dibentuk (2) Bagi guru SMAN 3 Malang sebagai panutan peserta didik dalam menjalankan pendidikan karakter di sekolah guru harus bisa menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter yang baik kepada siswanya. guru harus mencontohkan dan menerapkan hal-hal baik terlebih dahulu sebelum ia menyuruh atau memerintah siswanya. Karena guru tidak hanya dapat melakukan pengajaran dan pendidikan tapi juga harus dapat menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif dan dapat berkomunikasi dengan orang tua sebagai bentuk tanggung jawabnya. (3) Bagi peneliti lain disarankan untuk menggunakan skripsi ini sebagai referensi melakukan penelitian tentang nilai karakter yang dapat dibentuk dalam kegiatan penguatan pendidikan karakter dalam membentuk karakter peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2020 04:29
Last Modified: 14 Dec 2022 03:16
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/88552

Actions (login required)

View Item View Item