Komunitas kelas inspirasi Bojonegoro dalam menumbuhkan cita-cita pelajar Sekolah Dasar (SD) di kabupaten Bojonegoro / Roudhotul Elvira Hanum <BR>

Hanum, Roudhotul Elvira (2020) Komunitas kelas inspirasi Bojonegoro dalam menumbuhkan cita-cita pelajar Sekolah Dasar (SD) di kabupaten Bojonegoro / Roudhotul Elvira Hanum <BR>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hanum, Roudhotul Elvira. 2019. Komunitas Kelas Inspirasi Bojonegoro dalam Menumbuhkan Cita-cita Pelajar Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Bojonegoro. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Didik Sukriono, S.H., M.Hum, (II) Rusdianto Umar, S.H., M.Hum Kata Kunci: Komunitas, Kelas Inspirasi, Kelas Inspirasi Bojonegoro, Cita-cita, Pelajar SD Masyarakat di Kabupaten Bojonegoro tidak terlepas dari masalah pendidikan dan kesejahteraan masyarakat. Kurangnya tenaga pengajar di daerah pelosok mengakibatkan pelajar SD berpotensi minim ilmu pengetahuan, kurang wawasan, dan pilihan cita-cita, sehingga membutuhkan motivasi untuk mempunyai mimpi yang besar. Komunitas Kelas Inspirasi Bojonegoro hadir dengan maksud mengenalkan profesi untuk menambah wawasan pelajar SD yang memiliki keterbatasan mengenai pilihan cita-cita, sehingga diharapkan mereka memiliki banyak mimpi dan dapat menggapai cita-cita setinggi mungkin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti mengecek keabsahan temuan melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Ada pun hasil penelitian ini dapat dipaparkan sebagai berikut. (1) Program Komunitas Kelas Inspirasi Bojonegoro dalam menumbuhkan cita-cita pelajar SD di Kabupaten Bojonegoro, (2) Pelaksanaan program Komunitas Kelas Inspirasi Bojonegoro dalam menumbuhkan cita-cita pelajar SD di Kabupaten Bojonegoro, (3) Kendala pelaksanaan program Komunitas Kelas Inspirasi Bojonegoro dalam menumbuhkan cita- cita pelajar SD di Kabupaten Bojonegoro, (4) Solusi mengatasi kendala pelaksanaan program Komunitas Kelas Inspirasi Bojonegoro dalam menumbuhkan cita-cita pelajar SD di Kabupaten Bojonegoro, (5) Efektivitas pelaksanaan program Komunitas Kelas Inspirasi Bojonegoro dalam menumbuhkan cita-cita pelajar SD di Kabupaten Bojonegoro. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu Komunitas Kelas Inspirasi Bojonegoro dapat menambah wawasan pelajar SD tentang cita-cita dan pilihan cita-cita menjadi bertambah. Pelajar SD yang mulanya tidak tahu ingin bercita-cita apa, kini dapat menentukan cita- citanya. Selain itu, juga dapat meningkatkan perkembangan anak. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu peneliti berharap agar Komunitas Kelas Inspirasi Bojonegoro dapat mengadakan program Hari Inspirasi bagi pelajar SD lebih dari satu kali dalam satu tahun di tahun berikutnya untuk dapat selalu menginspirasi pelajar SD di Kabupaten Bojonegoro serta para relawan Komunitas Kelas Inspirasi Bojonegoro tetap terlibat aktif di pertemuan selanjutnya dalam rangka menjaga komunikasi antar relawan, sehingga tali silaturahim tetap terjalin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/88548

Actions (login required)

View Item View Item