Implementasi pendidikan karakter di Sekolah Garasi Desa Tanggung Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Nikmatul Khoiriyah

Khoiriyah, Nikmatul (2020) Implementasi pendidikan karakter di Sekolah Garasi Desa Tanggung Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Nikmatul Khoiriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khoiriyah, Nikmatul. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Garasi MI Amanah Desa Tanggung Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Siti Awaliyah, S.Pd,M.Hum., (II) Drs. Ketut Diara Astawa, S.H, M.Si Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Siswa, Program, Sekolah, Nilai Inti dari pendidikan adalah selain membentuk manusia yang berilmu pengetahuan juga berakhlak mulia, untuk mewujudkannya dibutuhkan dan perlu dikembangan sistem pendidikan yang mendukung tujuan pendidikan nasional tersebut. Sistem pendidikan yang dimaksud yakni dengan pendidikan karakter menurut Thomas Lickona (1991) adalah pendidikan untuk membentuk kepribadian seseorang melalui pendidikan budi pekerti, yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang yaitu tingkah laku yang baik, jujur bertanggung jawab, menghormati hak orang lain, kerja keras, dan sebagainya. Sekolah Garasi yang awalnya dibentuk untuk mendidik karakter siswanya pada dasarnya memiliki beberapa upaya untuk menumbuhkan nilai-nilai karakter diantara 18 nilai karakter menurut Kemendiknas 2010. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) nilai-nilai pendidikan karakter yang hendak ditumbuhkan kepada peserta didik di sekolah garasi MI Amanah Desa Tanggung, Kecamatan Turen Kabupaten Malang, (b) program yang direncanakan untuk menumbuhkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada peserta didik di sekolah garasi MI Amanah Desa Tanggung, Kecamatan Turen Kabupaten Malang, (c) kendala pelaksanaan program yang direncanakan untuk untuk menumbuhkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada peserta didik di sekolah garasi MI Amanah Desa Tanggung, Kecamatan Turen Kabupaten Malang, (d) solusi mengatasi kendala pelaksanaan program yang direncanakan untuk untuk menumbuhkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada peserta didik di sekolah garasi MI Amanah Desa Tanggung, Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif-deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru-guru antara lain guru PPKn, guru Pendidikan Agama Islam, pembina ektrakurikuler serta beberapa murid. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik interaktif dari Miles and Huberman yaitu yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil analisa dapat disimpulkan bahwa sekolah garasi berusaha menumbuhkan sembilan nilai dari 18 nilai menurut Kemendiknas meliputi: (1) religius, (2) disiplin, (3) kejujuran, (4) kreatif, (5) mandiri, (6) cinta tanah air, (7) gemar membaca, (8) tanggungjawab, (9) kerja keras. Ke sembilan nilai tersebut ditumbuhkan melaui tiga jalur yakni program yang terintegrasi dalam mata pelajaran, program pembiasaan dan program pengembangan diri. Dalam pelaksanaan tersebut terdapat beberapa kendala meliputi: (1) situasi dan kondisi peserta didik pada saat pembelajaran , (2) materi yang Dianggap Sulit bagi Peserta Didik, (3) perbedaan kemampuan peserta didik, (3) fasilitas yang kurang memadai, dan (4) pengkondisian peserta didik serta ditemukan solusi yang dilakukan sekolah garasi untuk mengatasi kendala tersebutmeliputi: (1) memberi sekat berupa rak buku, (2) inovasi pembelajaran, (3) pembuatan jenjang, (4) iuran membeli peralatan, (5) pemberian reward.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/88543

Actions (login required)

View Item View Item