Pengaruh penggunaan media grafis mind mapping terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PPKN di SMAN 1 Lawang / Nico Muhajjir Arrois

Arrois, Nico Muhajjir (2020) Pengaruh penggunaan media grafis mind mapping terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PPKN di SMAN 1 Lawang / Nico Muhajjir Arrois. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Arrois, Muhajjir, Nico. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Grafis Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PPKn di SMAN 1 Lawang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nur Wahyu Rochmadi, M.Pd, M.Si. (II) Drs. Suparlan Al Hakim, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar, PPKn, Mind Mapping, Media Media pembelajaran merupakan salah satu faktor pendukung yang diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satu pembelajaran menyenangkan yang diupayakan sesuai dengan kurikulum 2013 bagi siswa dan menuntut siswa untuk aktif dalam belajar adalah media grafis mind mapping. Berdasarkan teori dan penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media grafis mind mapping terhadap hasil belajar siswa. SMAN 1 Lawang merupakan sekolah yang didalam pembelajaran PPKn belum menerapkan media mind mapping dalam kegiatan belajar mengajar. Guru lebih sering menggunakan media papan tulis sebagai media utama dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengatahui: (1) penggunaan media grafis mind mapping didalam pembelajaran PPKn di SMAN 1 Lawang; (2) hasil belajar siswa sebelum menggunakan media grafis mind mapping pada mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Lawang; (3) hasil belajar siswa setelah menggunakan media grafis mind mapping pada mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Lawang; (4) pengaruh penggunaaan media grafis mind mapping pada mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Lawang. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen, dengan desain penelitian quasi eksperimental design berbentuk nonequivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media grafis mind mapping, dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn. Subjek penelitian adalah kelas X IPS 5 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah dengan memberikan soal pretest dan soal posttest. Uji validitas butir soal dihitung dengan membandingkan r hitung dengan r table, dan uji reliabilitas isi butir soal menggunakan metode Croncpbach Alpha. Uji prasyarat analisis data adalah uji normalitas dan uji homogenitas, dimana uji normalitas menggunakan uji Kolmogrov-Smirnov, dan uji homogenitas mengguanakan uji Levene dengan taraf signifikansi 0,05. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan: (1) analisis deskriptif, (2) uji perbedaan kemampuan awal; (3) uji t berpasangan (t test sampel related); (4) uji besar pengaruh perlakuan (Gain Score). Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan media grafis mind mapping di SMAN 1 Lawang dilaksanakan oleh guru dengan menjelaskan materi tentang Nilai-nilai Pancasila dalam Praktik Penyelenggaraan Pemerintahan Negara ii dalam pembelajaran PPKn di SMAN 1 Lawang dengan menggunakan media grafis mind mapping; (2) hasil belajar sebelum menggunakan media grafis mind mapping pada kelas eksperimen menunjukkan rata-rata dibawah kriteria ketuntasan minimal. Begitu juga pada rata-rata kelas kontrol yang juga menunjukkan rata-rata dibawah kriteria ketuntasan minimal. Nilai rata rata dan standard deviasi skor pretest pada kelas eksperimen adalah 83,97 dengan standard deviasi 6,717. Median pada kelas eksperimen yaitu 85,00, dan variance dari kelas eksperimen sebesar 45,120. Pada kelas kontrol mempunyai rata-rata 83,97 dengan standard deviasi 11,571 dan variance sebesar 133,890; (3) hasil belajar setelah menggunakan media grafis mind mapping pada kelas eksperimen menunjukkan rata-rata diatas kriteria ketuntasan minimal. Begitu juga pada rata-rata kelas kontrol yang juga menunjukkan rata-rata dibawah kriteria ketuntasan minimal. Nilai rata rata dan standard deviasi skor pretest pada kelas eksperimen adalah 83,97 dengan standard deviasi 6,717. Median pada kelas eksperimen yaitu 85,00, dan variance dari kelas eksperimen sebesar 45,120. Pada kels kontrol mempunyai rata-rata 83,97 dengan standard deviasi 11,571 dan variance sebesar 133,890; (4) terdapat pengaruh penggunaan media grafis mind mapping terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata kemampuan awal diantara keduanya, yang kemudian setelah dilakukan uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan kategori sedang pada hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan media grafis mind mapping Saran yang diberikan peneliti setelah melakukan penelitian antara lain: (1) penggunaan media grafis mind mapping yang diteliti dalam penelitian ini telah terbukti berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn. Oleh sebab itu perlu dipertimbangkan penggunaan media grafis mind mapping dalam pembelajaran di sekolah; (2) penggunaan media grafis mind mapping perlu diterapkan di sekolah, khususnya dalam mata pelajaran PPKn. Guru sebagai penanggung jawab pelaksanaan pembelajaran diharapkan mampu merancang pembelajaran dengan menggunakan media grafis mind mapping dengan memperhatikan sifat materi yang dipelajari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/88541

Actions (login required)

View Item View Item