Upaya sekolah membangun sikap toleransi beragama siswa di SMPN 1 Bululawang Kabupaten Malang / Dessy Herawati

Herawati, Dessy (2020) Upaya sekolah membangun sikap toleransi beragama siswa di SMPN 1 Bululawang Kabupaten Malang / Dessy Herawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Herawati, Dessy. 2019. Upaya Sekolah Membangun Sikap Toleransi Beragama Siswa di SMPN 1 Bululawang Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. A. Rosyid Al Atok, M.Pd, M.H (2) Drs. Ketut Diara Astawa, SH., M. Si Kata kunci: Upaya, Sikap Toleransi, Agama Indonesia dikenal sebagai bangsa majemuk karena mempunyai keberagaman agama, tradisi, bahasa dan budaya. Dengan keberagamannya Indonesia memiliki lima agama yaitu Islam, Kristen, Budha, Hindu dan Konghucu yang selalu terpelihara di bawah naungan dasar Pancasila. Keanekaragaman tersebut tidak begitu saja tercipta tanpa adanya upaya yang maksimal dari seluruh elemen masyarakat yang didukug oleh kebijakan pemerintah.Perlunya menumbuhkan cara berfikir yang toleran atar pemeluk agama dan ras yang lebih efektif dalam rangka melestarikan dan mengembangkan kehidupan yang harmonis anat pemeluk agama dengan cara penanaman nilai-nilai melalui jalur pendidikan baik formal, informal, maupun non formal. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menjelaskan progam sekolah dalam membangun sikap toleransi bergama siswa di SMPN 1 Bululawang Kabupaten Malang; (2) Menjelaskan pelaksanaan progam sekolah dalam membangun sikap toleransi beragama siswa di SMPN 1 Bululawang Kabupaten Malang; (3) Menjelaskan kendala yang dihadapi sekolah dalam membangun sikap toleransi beragama siswa di SMPN 1 Bululawang Kabupaten Malang; (4) Menjelaskan cara mengatasi kendala sekolah dalam membangun sikap toleransi beragama siswa di SMPN 1 Buulawang Kabupaten Malang. Pendekatan dan jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data tersebut dilakukan dengan metode yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan lalu diverifikasi. Untuk menjamin keabsahan data yang diperoleh dari hasil penelitian, peneliti menggunakan teknik triangulasi triangulasi sumber. Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Progam sekolah dalam membangu sikap toleransi beragama siswa di SMPN 1 Bululawang yakni: (a) proses pembelajaran; (b) kegiatan pembiasaan; (c) kegiatan ekstrakurikuler; (d) peringatan hari besar keagamaan.(2) Pelaksanaan progam sekolah dalam membangun sikap toleransi beragama siswa di SMPN 1 Bululawang yakni: (a) dalam proses pembelajaran di kelas, guru menggunakan model pembelajaran kooperatif atau kelompok. Hal tersebut agar siswa dapat belajar bersama tanpa melihat latar belakang agama; (b) kegiatan pembiasaan dengan cara membiasakan siswa berdoa sebelum belajar. Selain itu membiasakan siswa untuk menerapkan slogan 5 S (sapa,salam,senyum,sopan,santun); (c) seluruh siswa diwajibkan untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Konsep toleransi beragama yang dapat diambil melalui dasa darma pramuka dan juga tahap mempraktikkan sikap toleransi pada saat tali temali, pionering dan baring-berbaris; (d) peringatan hari besar keagamaan yang diikuti semua siswa baik siswa yang beragama Islam maupun Kristen.(3) Kendala yang dihadapai sekolah dalam membangun sikap toleransi beragama siswa di SMPN 1 Bululawang yakni: (a) Masih ada siswa yang membully siswa lain yang berbeda agama; (b) Terdapat kekosongan guru Pendidikan Agama Kristen. (4) Cara mengatasi kendala sekolah dalam membangun sikap toleransi beragama siswa di SMPN 1 Bululawang yakni: (a) pihak sekolah membuat peraturan tentang mekanisme penanganan kasus bullying pada siswa; (b) Untuk mengisi kekosongan guru Pendidikan Agama Kristen pihak sekolah terus mengupayakan. Sementara ini digantikan oleh guru PPKn yang juga berlatarbelakang agama Kristen. Saran yang diberikan oleh peneliti setelah melakukan penelitian ini antara lain: (1) Bagi siswa supaya lebih menyadari bahwa manusia dilahirkan mempunyai perbedaan dan dari perbedaan siswa dapat memahami dan mampu memupuk rasa toleransi terhadap sesama teman; (2) Bagi guru yaitu diharapkan peran guru juga harus lebih adil dalam membangun sikap toleransi beragama. Misalnya dalam pelajaran apapun selalu diterapkan sikap saling menghargai antar semua siswa baik itu dalam bergotong royong menyelesaikan pekerjaan sekolah; (3)Bagi Sekolah yaitu diharapkan mampu memberikan wadah kepada siswa untuk membentuk serta memperbaiki karakter siswa semaksimal mungkin; (4) Bagi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan agar dapat menambah ilmu pengetahuan mengenai toleransi beragama; (5)Bagi peneliti agar dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang toleransi beragama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/88540

Actions (login required)

View Item View Item