Peningkatan hasil belajar matematika (penjumlahan) melalui penggunaan media manik-manik pada siswa tunagrahita ringan kelas II SLB PGRI Badas Kabupaten Kediri / Charis Fauzy - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika (penjumlahan) melalui penggunaan media manik-manik pada siswa tunagrahita ringan kelas II SLB PGRI Badas Kabupaten Kediri / Charis Fauzy

Fauzy, Charis (2015) Peningkatan hasil belajar matematika (penjumlahan) melalui penggunaan media manik-manik pada siswa tunagrahita ringan kelas II SLB PGRI Badas Kabupaten Kediri / Charis Fauzy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fauzy Charis. 2015. PeningkatanHasil belajar Matematika (Penjumlahan) Melalui PenggunaanMediaManik ManikPadaSiswaTunagrahitaRinganKelas II SLB PGRI Badas Kabupaten Kediri.Skripsi Jurusan PLB FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sulthoni. S.P.d (II) Drs. Ir. EndroWahyuno M. Si. Kata kunci Peningkatan Hasil Belajar Matematika (Penjumlahan) Hasil Belajar. Berdasarkanhasilobservasiterhadapkegiatanpembelajaranoperasipenjumlahanpadasiswatunagrahitaringankelas II di SLB PGRI BadasKabupaten Kediri diperolehinformasi yang diperlukandalampenelitianini.Kemampuansiswadalamoperasipenjumlahanbilangan 1 20 belummaksimal.Siswabelumbisamelakukanpenjumlahandenganbenar.Terdapatfaktabahwaanak anak di SLB PGRI BadasKabupaten Kediri dalampenjumlahandiatasangka 10 seperti 15 2 siswamenjawabdenganhasil yang salah. Ketidakmampuantersebutdikarenakanketerbatasan media yang di gunakansaatpenjumlahan di atasangka 10 siswaterbiasamenggunakanjaritangannyauntukmenghitungpenjumlahan di bawahangka 10.Selanjutnyadarites yang telahdilaksanakanoleh guru secarakeseluruhanhasilbelajarsiswamenunjukkanadanya 4 siswadari 6 siswamasihbelumtuntas.Sebanyak 2 siswatuntasdengankriteriaketuntasan minimum (KKM) untukpelajaranmatematika di SLB PGRI BadasKabupaten Kediri adalah 65. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus dari masing masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan evaluasi serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian pratindakan diperoleh nilai rata rata kelas mencapai 60 dengan ketuntasan belajar 28 57% siklus I diperoleh hasil nilai rata rata kelas mencapai 62 5 dengan ketuntasan belajar kelas 56 20%. Sedangkan pada siklus II diperoleh hasil nilai rata rata kelas mencapai 83 33 dengan ketuntasan belajar kelas 85 71%. Hasil evaluasi siklus II telah mencapai 78 33 dengan ketuntasan belajar individual minimal 65 pembelajarandapatdikatakanberhasilkarenasudahmemenuhikriteriaketuntasanklasikal yang telahditentukanyaitu 80 %. Saran yang di ajukan untuk guru adalah sebagaisalahsatualternatif media pembelajaranmatematikakhususnyaberhitungpenjumlahan sehinggakegiatanbelajarmengajarlebihaktifdanmenarik. Selainitupenggunaan media konkritsangatpentingkarenasiswaakanmudahmemahamidanpembelajaranakanbermakna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8854

Actions (login required)

View Item View Item