Pola habituasi nilai-nilai pancasila di PAUD Perwanida Karangnongko Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang / Zulva Ma'azzati Mawaddah

Mawaddah, Zulva Ma'azzati (2020) Pola habituasi nilai-nilai pancasila di PAUD Perwanida Karangnongko Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang / Zulva Ma'azzati Mawaddah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mawaddah, Zulva Ma’azzati. 2019. Pola Habituasi Nilai-nilai Pancasila di PAUD Perwanida Karangnongko Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. Margono, M.Pd, M.Si. (II) Dr. H. Edi Suhartono, S.H, M.Pd. Kata Kunci : Pola Habituasi, Pancasila, Anak Usia Dini Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa yang dijadikan pedoman bagi warga negara Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila bukan hanya dihafalkan saja, namun juga harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, perlunya pembiasaan sejak dini diharapkan nilai-nilai Pancasila dapat tertanam dalam penerus bangsa khususnya anak usia dini sebagai tunas bangsa. Salah satu jalannya melalui pendidikan nonformal seperti yang dijalankan di PAUD Perwanida Karangnongko. Sekolah PAUD Perwanida Karangnongko memiliki tujuan membumikan karakter peserta didik sesuai dengan Pancasila pada peserta didiknya. Sekolah PAUD Perwanida Karangnongko telah cukup berhasil merubah perilaku anak menjadi berkarakter sesuai dengan nilai Pancasila melalui bentuk nyata dalam pembiasaannya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (1) pola habituasi nilai-nilai Pancasila di PAUD Perwanida Karagnonglo; (2) Faktor pendukung dan penghambat pola habituasi nilai-nilai Pancasila di PAUD Perwanida Karangnongko; (3) upaya mengatasi faktor penghambat dalam pola habituasi nilai-nilai Pancasila di PAUD Perwanida Karangnongko. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara mendalam kepada narasumber, observasi langsung ke lapangan, dokumentasi ke lokasi penelitian dan tinjauan literatur. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Terkait menjamin keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian diketahui: (1) pola habituasi nilai-nilai Pancasila di PAUD Perwanida Karangnongko adalah dengan budaya bersalaman dengan guru dan orang tua yang mengantar, budaya berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, praktik sholat berjamaah setiap hari sebelum pembelajaran berlangsung, mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, berbagi makanan kepada teman, membantu teman, menjenguk teman yang sakit, upacara bendera setiap hari senin, menyanyikan lahu-;agu nasional setiap hari sebelum pembelajaran berlangsung, membuang sampah pada tempat sampah, terlibat aktif dalam pembelajaran, melaksanakan pembelajaran sesuai dengan jadwal sekolah; (2) faktor pendukung dan penghambat pola habituasi nilai-nilai Pancasila di PAUD Perwanida Karangnongko pemberian hadiah, semangat guru, bekal pembiasaan dari orang tua, suasana hati (mood) peserta didik, lingkungan keluarga dan masyarakat; (3) cara mengatasi faktor penghambat habituasi nilai-nilai Pancasila di PAUD Perwanida Karangnongko memberi pujian terhadap peserta didik yang melanggar perilaku baik, bekal pembiasaan diri sendiri, komunikasi dan pertemuan dengan wali murid. Saran yang diberikan peneliti setelah melakukan penelitian sebagai berikut: Kepeda peseta didik disarankan untuk konsisten dalam berperilaku baik sesuai dengan nilai-nilai baik disekolah, dirumah, dan masyarakat yang dibiasakan oleh guru disekolah, kepada orang tua peserta didik disarankan selalu mengawasi perilaku anaknya dan mengarahkan kepada anak yang melanggar perilaku yang kurang, kepada guru di PAUD Perwanida Karangnongko disarankan menciptakan bentuk kegiatan pembiasaan nilai-nilai Pancasila dengan kegiatan yang lebih menarik agar peserta didik tidak merasa bosan, kepada program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan disarankan untuk memberikan pelatihan-pelatihan kepada guru PAUD Perwanida Karangnongko oleh Lapasila agar guru di sekolah PAUD Perwanida Karangnongko lebih terampil dalam pembelajaran di sekolah PAUD Perwanida Karangnongko, dan kepada peneliti selanjutnya disarankan meneliti tentang keberlangsungan dan perkembangan sekolah PAUD Perwanida Karangnongko dibandingkan dengan penelitian yang sudah dilakukan pada penelitian kali ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/88538

Actions (login required)

View Item View Item