Perbedaan keterampilan pertisipasi kewarganegaraan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran project citizen dan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran ceramah pada mata pelajaran PPKn di kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Malang / Mareta Tri Yustiningtyas

Yustiningtyas, Mareta Tri (2020) Perbedaan keterampilan pertisipasi kewarganegaraan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran project citizen dan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran ceramah pada mata pelajaran PPKn di kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Malang / Mareta Tri Yustiningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yustiningtyas, Mareta Tri. 2019. Perbedaan Keterampilan Partisipasi Kewarganegaraan antara Siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Project Citizen dan Siswa yang diajar dengan Metode Pembelajaran Ceramah pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Malang. Skripsi, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Siti Awaliyah, S.Pd, M.Hum, (II) Dr. Hj. Yuniastuti, S.H, M.Pd Kata Kunci : Keterampilan Partisipasi Kewarganegaraan, Model Pembelajaran Project Citizen , Model Pembelajaran Ceramah. Pembelajaran PPKn di SMA Negeri 3 Malang yang telah menggunakan Kurikulum 2013, lebih dominan pada aspek pengetahuan siswa, sehingga siswa kurang untuk mengembangkan aspek keterampilan dan sikap. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait keterampilan partisipasi kewarganegaraan, karena siswa juga berhak mempengaruhi lembaga-lembaga pemerintah dalam membuat keputusan, kebijakan, dan peraturan. Oleh karena itu, dibutuhkan pembelajaran yang mampu mengembangkan kompetensi kewarganegaraan siswa. Salah satunya menggunakan project citizen. Metode penelitian ini menggunakan rancangan true experiment dengan rancangan penelitian The Posttest Only Group Design. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas, kelas eksperimen diberikan perlakuan model pembelajaran project citizen sedangkan pada kelas kontrol diberikan perlakuan metode pembelajaran ceramah. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas A3 dan kelas B3 SMA Negeri 3 Malang dengan menggunakan instrumen angket yang telah dibuat oleh peneliti terlebih dahulu. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji T-test dengan rumus Independent Sample T-test melalui SPSS 16.0 for Wiindows, dan analisis secara manual. Berdasarkan hasil uji analisis menggunakan SPSS.16.0 for Windows diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 maka hasil tersebut dapat dikatakan terdapat perbedaan. Hasil pengujian diperoleh thitung sebesar 5,01 yang berarti lebih besar daripada ttabel (df=64) yaitu 1,9990. Hasil dari penghitungan secara manual diperoleh thitung sebesar 5,02. Perbandingan antara ttabel dengan thitung adalah -1,9990 < 5,02 > 1,9990, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil analisis tersebut sama-sama “Terdapat Perbedaan Keterampilan Partisipasi Kewarganegaraan Antara Siswa yang Diajar Menggunakan Model Project Citizen dan Yang Diajar Dengan Model Ceramah Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Malang”. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: (1) bagi guru disarankan untuk menerapkan model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran PPKn, (2) Bagi peneliti lain disarankan untuk mengkombinasikan model dengan media tertentu seperti media audio, visual, dan audio-visual, (3) bagi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, dapat menambah pustaka sebagai literatur bagi penelitian yang relevan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/88534

Actions (login required)

View Item View Item