Implementasi program sekolah dalam pembentukan sikap disiplin peserta didik di sekolah menengah kejuruan PGRI 2 Ponorogo / Ayudya Kusuma Wardani

Wardani, Ayudya Kusuma (2020) Implementasi program sekolah dalam pembentukan sikap disiplin peserta didik di sekolah menengah kejuruan PGRI 2 Ponorogo / Ayudya Kusuma Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Wardani, Ayudya Kusuma. 2019. Impelementasi Program Sekolah dalam Pembentukan Sikap Disiplin Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan PGRI 2 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Siti Awaliyah, S.Pd, M.Hum, (II) Dr. Nuruddin Hady, S.H, M.H Kata Kunci : Impelementasi program sekolah, Pembentukan Sikap Disiplin. Sistem pendisiplinan di SMK PGRI 2 Ponorogo telah menggunakan tata tertib yang dibuat oleh sekolah sendiri seperti sekolah lain. Terdapat inovasi dalam mengembangkan tata tertib yang dilaksanakan yaitu dengan adanya peran dari tiga ekstrakulikuler. Ekstrakulikuler tersebut berupa taruna (kemiliteran), kepramukaan, dan pondok pesantren (keagamaan). Peran dari anggota eksrakulikuler ini melahirkan program yang digunakan dalam membentuk sikap disiplin peserta didik. Menggabungkan 3 program dari sekolah ini menjadikan peserta didik mengembangkan dan membentuk sikap disiplin menjadi semakin baik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan : (1) program yang dilakukan untuk membentuk sikap disiplin peserta didik di SMK PGRI 2 Ponorogo, (2) Pelaksanaan program sekolah dalam pembentukan sikap disiplin peserta didik di SMK PGRI 2 Ponorogo, (3) kendala yang dihadapi dari pelaksanaan program dalam pembentukan sikap disiplin peserta didik di SMK PGRI 2 Ponorogo Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pencarian data diperoleh dari informan seperti wakil kepala sekolah kesiswaan, wakil kepala sekolah kurikulum, koordinator bagian keagaamaan, koordinator bagian kepramukaan, koordinator taruna, peserta didik, dan anggota ekstrakulikuler. Pengumpulan data tersebut diperoleh dengan menggunakan metode: teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data (penyajian data), kesimpulan/verifikasi.untuk menjamin keabsahan data yang sudah diolah peneliti menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Adapun hasil penelitian ini dapat dipaparkan sebagai berikut: (1) program yang dilakukan untuk membentuk sikap disiplin peserta didik di SMK PGRI 2 Ponorogo berasal dari 3 program yaitu taruna (kemiliteran) berupa pengecekan emblem, penegakkan keterlambatan, pelatihan baris-berbaris, dan upacara bendera, kepramukaan berupa latihan rutin, pelantikan bantara, pelantikan laksana, tanda kecakapan khusus, dan penerimaan tamu ambalan, dan pondok pesantren (keagamaan) berupa shalat dhuhur dan ashar berjamaah, kultum jumat, membaca Al-Qur’an, tes membaca Al-Qur’an, pondok pesantren, khotmil Qur’an, sujud syukur, dan tasyakuran, (2) Pelaksanaan program sekolah dalam pembentukan sikap disiplin peserta didik di SMK PGRI 2 Ponorogo berasal dari sanksi yang diterapkan apabila melanggar/tidak hadir kegiatan mulai dari taruna (kemiliteran) yaitu pushup, skotjam, lari sambil berteriak, hingga menggantikan menjadi petugas upacara, kepramukaan yaitu mengganti menjadi 3x lipat ataupun mengulang tahun depan, pondok pesantren berupa menghafal surat, berdzikir 1000-3000x, tidak mendapat sertifikat, lari, dll. (3) kendala yang dihadapi dari ii pelaksanaan program dalam pembentukan sikap disiplin peserta didik di SMK PGRI 2 Ponorogo berasal dari faktor internal berasal diri sendiri berupa lahir dan batin, faktor eksternal yaitu dari lingkungan sekolah, keluarga, maupun masyarakat. Setelah melakukan serangkaian penelitian dan mendapatkan hasil penelitian yang diinginkan, maka penulis mempunyai saran. Saran yang pertama, yaitu terhadap pihak sekolah untuk melaksanakan evaluasi terhadap pendisiplinan yang dilaksanakan. Terhadap peserta didik seharusnya selalu melaksanakan kedisiplinan di sekolah karena hal ini dibawa hingga kehidupan selanjutnya. Saran yang kedua yaitu kepada peneliti selanjutnya untuk meneliti moral anak apabila dilaksanakan sanksi yang dibuat oleh peraturan di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/88532

Actions (login required)

View Item View Item