Pola pembiasaan perilaku yang sesuai dengan sila Ketuhanan Yang Maha Esa pada anak di Desa Kutoporong Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto / Indra Noviyanti

Noviyanti, Indra (2020) Pola pembiasaan perilaku yang sesuai dengan sila Ketuhanan Yang Maha Esa pada anak di Desa Kutoporong Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto / Indra Noviyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Noviyanti, Indra. 2019. Pola Pembiasaan Perilaku yang Sesuai dengan Sila Ketuhanan Yang Maha Esa pada Anak di Desa Kutoporong Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang, Pembimbing (1) Dr. A. Rosyid Al Atok, M.Pd, M.H, (2) Rani Prita Prabawangi, S.Hub Int, M.Si. Kata Kunci: pola pembiasaan, perilaku, sila Ketuhanan Yang Maha Esa Pendidikan karakter di Indonesia bagi anak sangat penting diajarkan dimulai dari lingkungan keluarga. Keluarga merupakan pendidikan yang pertama dan utama bagi anak. Karakter yang terbentuk dari lingkungan keluarga akan terbawa ke lingkungan sekolah maupun masyarakat. Pendidikan karakter yang diajarkan sangat banyak salah satunya yaitu nilai religius pada anak. Nilai religius merupakan nilai yang sesuai dengan Sila Ketuhanan Yang Maha Esa. Desa Kutoporong salah satu Desa yang orang tuanya membiasakan perilaku nilai tersebut. Anak-anak di Desa tersebut mempunyai perilaku religius yang baik, mempunyai semangat yang tinggi dalam kegiatan keagamaan serta berprestasi dalam bidang keagamaan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) pola pembiasaan perilaku yang sesuai dengan Sila Ketuhanan Yang Maha Esa pada Anak di Desa Kutoporong Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto; (2) faktor yang mendukung dalam membiasakan perilaku yang sesuai dengan Sila Ketuhanan Yang Maha Esa pada Anak di Desa Kutoporong Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto; (3) kendala dalam membiasakan perilaku yang sesuai dengan Sila Ketuhanan Yang Maha Esa pada Anak di Desa Kutoporong Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto; (4) cara mengatasi kendala dalam membiasakan perilaku yang sesuai dengan Sila Ketuhanan Yang Maha Esa pada Anak di Desa Kutoporong Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dari penelitian ini yaitu orang tua dan anak serta pengumpulan datanya dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara yang dilakukan peneliti terbuka dan tidak terstruktur, dimana peneliti mengajukan pertanyaan-pertanyaan guna mendapatkan informasi yang detail dari informan. Observasi yang dilakukan oleh peneliti yaitu observasi partisipatif dimana peneliti mengamati seluruh kegiatan yang dilakukan oleh informan dalam membiasakan perilaku yang sesuai dengan Sila Ketuhanan Yang Maha Esa. Dokumentasi dilakukan peneliti dijadikan sebagai informasi pendukung dalam temuan penelitian. Analisis data yang digunakan merujuk pada model Robert K.Yin, dimana aktivitas dalam analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode bahwa peneliti membandingkan berbagai sumber serta beberapa metode yaitu wawancara, observasi untuk kelengkapan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pola pembiasaan perilaku yang sesuai dengan Sila Ketuhanan Yang Maha Esa dilakukan orang tua dengan cara memantau anak, menasehatinya, memberi hadiah, dan menghukumnya jika melakukan kesalahan, sedangkan pembiasaan perilakunya terdiri dari beribadah, belajar agama atau mengaji, akhlak mulia, dan bertoleransi. Faktor pendukung dalam pembiasaan perilaku yaitu pemberian hadiah,memasukkan anak di sekolah atau lembaga berbasis islam, dan semangat dari orang tua. Sedangkan kendala dalam membiasakan perilaku yaitu jadwal anak yang padat, anak merasa malas, kurangnya komunikasi antara orang tua dengan anak. Kemudian cara mengatasinya dengan cara meluangkan waktu luang bersama keluarga, menerapkan kedisiplinan, dan memberikan hukuman. Saran yang diberikan yaitu untuk orang tua dari anak bahwa dalam membiasakan perilaku sebaiknya memiliki pemahaman yang baik agar dapat mempermudah dalam membiasakan perilaku pada anak, dan juga jika anak melakukan kesalahan sebaiknya diberikan hukuman yang bermanfaat seperti hafalan. Selanjutnya yaitu saran untuk anak harus mempunyai semangat yang tinggi agar pembiasaan yang dilakukan mampu membentuk kepribadian anak. Bagi masayarakat disarankan untuk memiliki komunikasi yang baik dengan anak agar terhindar dari kesalahahaman. Bagi Prodi PPKn bisa dijadikan pedoman dalam pengembangan literature dan dapat dijadikan rujukan dalam sosialisai tentang pembiasaan perilaku. Kemudian bagi peneliti selanjutnya disarankan dapat menambah fokus penelitian dan lebih banyak sumber agar hasilnya dapat lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/88531

Actions (login required)

View Item View Item