Upaya untuk mewujudkan good governance melalui pengadaan barang dengan sistem elektronik di Pemerintah Kota Malang / Dwi Nur Cholis

Cholis, Dwi Nur (2020) Upaya untuk mewujudkan good governance melalui pengadaan barang dengan sistem elektronik di Pemerintah Kota Malang / Dwi Nur Cholis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nur Cholis, Dwi. 2019.Upaya Untuk Mewujudkan Good Governance Melalui Pengadaan Barang Dengan Sistem Elektronik Di Pemerintah Kota Malang. Skripsi, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Margono, M.Pd, M.Si (II) Dr.Siti Awaliyah, S.Pd, M.Hum. Kata Kunci: Good Governance, Pengadaan Barang, Sistem Elektronik Secara umum good Governance melalui pengadaan barang dengan sistem elektronik di Pemerintahan Kota Malang telah mampu dilaksanakan dengan baik. Hal ini didukung dengan adanya ULP (Unit Layanan Pengadaan) dan LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) di Kota Malang yang Melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik. Dengan adanya ULP (Unit Layanan Pengadaan) yang membuat sistem pengadaan barang ini akan mempermudah dan memperlancar proses dengan mengikuti tahapan-tahapan pengadaan barang di pemerintah daerah, dalam proses pengadaan barang menerapkan prinsip-prinsip pengadaan yang efisien, efektif, transparan, keterbukaan, persaingan yang adil, dan akuntabel. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu menggunakan jenis pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, sumber data yang diambil oleh peneliti yaitu tentang sitem pengadaan barang dengan sistem elektronik. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk (1) untuk mewujudkan good governance melalui pengadaan barang di Pemerintah Kota Malang (2) untuk mewujudkan good governance melalui pengadaan barang dengan sistem elektronik di Pemerintah Kota Malang (3) untuk mengatasi hambatan mewujudkan good governance melalui pengadaan barang dengan sistem elektronik di Pemerintah Kota Malang Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Secara umum good Governance melalui pengadaan barang dengan sistem elektronik di Pemerintahan Kota Malang telah mampu dilaksanakan dengan baik. Hal ini didukung dengan adanya ULP (Unit Layanan Pengadaan) dan LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) di Kota Malang yang Melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik. (2) Kendala utama yang dihadapi Unit Layanan Pengadaan (ULP) dalam Pengadaan Barang dan Jasa di Kota Malang ,adalah Sulitnya merekrut personil/anggota ULP karena keengganan pada pegawai untuk menjadi Anggota ULP dipicu oleh tingginya resiko pekerjaan, adanya Rangkap Jabatan antara ULP dan LPSE serta antara Anggota ULP dengan SKPD asalnya, Pengalaman dan Kompetensi yang tidak merata karena sering melakukan pergantian personil setiap tahunnya, Sulitnya koordinasi dengan personil ULP secara organisasi ULP masih berbentuk adhoc dan belum bersifat permanen. (3) Solusi alternatif yang bisa digunakan untuk meningkatkan Peran Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa di Kota Malang adalah Menambah dan memperbanyak jumlah personil / Anggota ULP. Terutama bagian yang memiliki kewenangan dengan ULP untuk lebih sering mengadakan Ujian Sertifikasi. Jumlah personil yang kurang dalam melakukan kegiatan menyebabkan pekerjaan dirangkap sehingga akan lebih baik ditambah jumlah personilnya sehingga pekerjaan dari mulai Pengadaan Barang dan Jasa, Pemeriksa Barang dan Pejabat Pengadaan bertambah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/88530

Actions (login required)

View Item View Item