Fitriana, Dina Astika (2015) Implementasi pendidikan inklusif pada SDN Sumbersari 1 Kota Malang / Dina Astika Fitriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK AstikaFitriana Dina. 2015. ImplemantasiPendidikanInklusifPada SDN Sumbersari 1 Kota Malang.Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. EndroWahyuno M.Si. (II) Dr. Sulthoni M.Pd. Kata Kunci implementasi pendidikaninklusif SDN Sumbersari 1 Kota Malang merupakansekolahpenyelenggarapendidikaninklusifpertama di Kota Malang yang ditunjukolehdinaspendidikan Kota Malang.Hinggatahunajaran 2014/2015 inipesertadidik ABK(Anak Berkebutuhan Khusus) di SDN Sumbersari 1 berjumlah 13 pesertadidik. Padatahunajaran 2013/2014 lalu mampumeluluskanpeserta didik ABK melaluijalurujiannasional Fokus penelitian iniyaitu (1)penyelenggaraan pendidikan inklusif pada SDN Sumbersari 1 Kota Malang ditinjau dari peserta didik (2)penyelenggaraan pendidikan inklusif pada SDN Sumbersari 1 Kota Malangditinjau dari tenaga pendidik dan tenaga kependidikan (3) penyelenggaraan pendidikan inklusif pada SDN Sumbersari 1 Kota Malang ditinjau dari kurikulum (4) penyelenggaraan pendidikan inklusif pada SDN Sumbersari 1 Kota Malang ditinjau dari pengelolaan kelas (5) penyelenggaraan pendidikan inklusif pada SDN Sumbersari 1 Kota Malang ditinjau dari kegiatan pembelajaran (6) penyelenggaraan pendidikan inklusif pada SDN Sumbersari 1 Kota Malang ditinjau dari evaluasi dan sistem laporan hasil belajardan (7)faktor pendukung dan penghambatpendidikan inklusif di SDN Sumbersari I Kota Malang Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif denganrancanganstudikasus.Sumber data yang digunakandalampenelitianiniadalahinformasi yang didapatdarisubjekpenelitidandokumentasi yang terkaitandenganimplementasipendidikan inklusif.Skripsiinimenggunakanteknikpengumpulan data wawancara observasidanstudidokumentasi.Pengecekankeabsahan data menggunakantriangulasisumberdan metodesertaketekunanpengamatan. Hasil dari penelitian ini yaitu (1)setiap tahunnya SDN Sumbersari 1 menerima ABK maksimal 2 peserta didik (2) tenaga pendidik dan kependidikan mendapatkan pelatihan tentang pendidikan inklusif dari dinas pendidikan dan dalam menjalankan tugasnya berkoordinasi satu sama lain (3) kurikulum yang digunakan menggunakan kurikulum akomodatif dan ada layanan kekhususan (4) pengelolaan kelas disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan peserta didik ABK (5) proses pembelajaran disesuaikan dengan rancangan PPI (6) peserta didik ABK ditentukan berkelanjutan dan ada 2 jenis laporan hasil belajar yaitu angak dan deskripsi (7)faktor pendukung adalah kepedulian orangtua masyarakat serta pemerintah faktor penghambat adalah orang tua yang tidak peduli serta ketidakjelasan peraturan dari pemerintah. Saran yang diberikanolehpenelitiyaitu (1) guru regulermaupun GPK diharapkanmengikutipelatihantentangpendidikaninklusifdan(2) pemerintah membuat aturan yang jelas mengenai pendidikan inklusi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8853 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |