Sikap demokrasi siswa dalam proses pembelajaran PPKn berdasarkan jurusan favorit siswa di SMKN 1 Turen / Deris Catur Bachtiar

Bachtiar, Deris Catur (2020) Sikap demokrasi siswa dalam proses pembelajaran PPKn berdasarkan jurusan favorit siswa di SMKN 1 Turen / Deris Catur Bachtiar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bachtiar, Deris Catur. 2019. Sikap Demokratis Siswa Dalam Proses Pembelajaran PPKn Berdasarkan Jurusan Favorit Siswa di SMKN 1 Turen. Skripsi. Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Prodi PPKn, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Siti Awaliyah, S.Pd, S.H, M.Hum, (2) Dr. Hj. Yuniastuti, SH., M.Pd. Kata Kunci: Jurusan Favorit, Sikap, Demokratis Sikap demokratis perlu dimiliki oleh setiap warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, sehinga dalam segala kegiatan tidak untuk mementingkan kepentingan, keinginan, dan pendapat secara sepihak dan dapat diselesaikan atau dipersatukan. Sikap demokratis yang baik dan benar haruslah ditanamkan sejak dini, sehingga tidak terjadi kesalah pahaman di lingkungan masyarakat mengenai sikap demokratis yang sebenarnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan yaitu untuk: (1) mendeskripsikan dasar penentuan jurusan favorit siswa di sekolah SMKN 1 Turen, (2) mendeskripsikan sikap demokratis siswa dalam proses pembelajaran PPKn di grade atas SMKN 1 Turen, (3) mendeskripsikan sikap demokratis siswa dalam proses pembelajaran PPKn di grade bawah SMKN 1 Turen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SMKN 1 Turen kecamatan turen kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian dikelompokkan menjadi tiga bagian. Pertama, penentuan label kelas favorit dapat menggunakan 3 kriteria, yaitu jumlah peminat, kedua nilai terendah ujian nasional yang diterima pada saat pendaftaran, dan ketiga hasil nilai ujian nasional. Jumlah peminat paling banyak adalah akutansi dan jumlah peminat terendah adalah tata boga. nilai terendah ujian nasional yang diterima pada saat pendaftaran jurusan akutansi tertinggi dengan nilai terendah yang di terima 242.00 dan jurusan perhotelan dengan nilai terendah yang diterima 177. Hasil nilai ujian nasional mata pelajaran kompetensi keahlian siswa di SMK Negeri 1 Turen diperoleh oleh jurusan Akutansi dan Keuangan Lembaga (AKL) dengan nilai tertinggi yaitu 92,5, sedangkan untuk nilai tertinggi di jurusan Perhotelan (PHT) dengan nilai 72,5. Kedua sikap demokratis siswa dalam proses pembelajaran PPKn di grade atas SMK Negeri 1 Turen jurusan Akutansi dan Keuangan Lembaga (AKL) dapat dilihat melalui 6 hal, yaitu: a) toleransi sikap toleransi siswa di kelas 12 jurusan Akutansi dan Keuangan Lembaga (AKL) sudah cukup baik dalam menerapkan sikap toleransi, b) kebebasan mengemukakan pendapat siswa di kelas 12 jurusan Akutansi dan Keuangan Lembaga (AKL) sudah sangat baik dalam menerapkan sikap kebebasan mengemukakan pendapat di dalam proses pembelajaran PPKn, c) menghormati perbedaan pendapat dalam proses pembelajaran PPKn sudah cukup baik dalam menerapkan sikap menghormati perbedaan pendapat, d) terbuka dan komunikasi siswa di kelas 12 jurusan Akutansi dan Keuangan Lembaga (AKL) sudah sangat baik dalam menerapkan sikap terbuka dan komunikasi dalam proses pembelajaran PPKn, e) percaya diri di kelas 12 jurusan Akutansi dan Keuangan Lembaga (AKL) dalam proses pembelajaran PPKn sudah sangat baik, dan f) saling menghargai sudah cukup baik dalam proses pembelajaran PPKn. Ketiga sikap demokratis siswa dalam proses pembelajaran PPKn di grade bawah SMK Negeri 1 Turen jurusan Perhotelan (PHT) dapat dilihat melalui 6 hal, yaitu: a) toleransi sudah cukup baik dalam menerapkan sikap toleransi dalam proses pembelajaran PPKn, b) kebebasan mengemukakan pendapat sudah sangat baik siswa di beri hak yang sama untuk dapat mengeluarkan pendapatnya secara bebas, c) menghormati perbedaan pendapat sudah sangat baik siswa mampu menghormati perbedaan pendapat ketika berdiskusi atau pada saat proses pembelajaran berlangsung, d) terbuka dan komunikasi sudah sangat baik siswa mau menerima kritikan dalam proses pembelajaran berlangsung, e) percaya diri masih kurang masih banyak siswa yang hanya diam dan menggantungkan kepada temannya, dan f) saling menghargai sudah cukup baik siswa mampu saling menghargai pada saat proses pembelajaran PPKn. Saran yang diberikan peneliti adalah guru sebaiknya menekankan kembali sikap-sikap demokratis dalam proses pembelajaran di kelas untuk kedepannya menghindari siswa-siswi tidak pahamnya terhadap sikap-sikap demokratis dan siswa sebaiknya lebih menerapkan kembali sikap-sikap demokratis dalam proses pembelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/88529

Actions (login required)

View Item View Item