Irawati, Neny Dwi (2015) Pengaruh pembelajaran kooperatif terhadap kecakapan vokasional garnishing food siswa tunarungu kelas VII SMPLB Panggung Sari Trenggalek / Neny Dwi Irawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Irawati Neny Dwi. 2015. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kecakapan Vokasional Garnishing Food Siswa Tunarungu Kelas VII SMPLB Panggung Sari Trenggalek.Skripsi.JurusanPendidikanLuarBiasa FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Abdul Huda M.Pd. (2) Henry Praherdhioono S.Si M.Pd. Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Kecakapan Vokasional Garnishing Food Tunarungu. Tunarungu adalah hilangnya pendengaran atau hambatan pendengaran pada seseorang sejak dilahirkan atau sejak anak-anak yang mengakibatkan hambatan dalam berkomunikasi karena keterbatasan dalam mendengar. Keadaan tersebut membuat siswa tunarungu mengalami hambatan dalam berinteraksi dengan oranglain sehingga mereka mengalami kesulitan ketika terjun kedunia kerja maka diperlukan pendidikan kecakapan vokasional untuk siswa tunarungu. Salah satu kecakapan vokasional dalam dunia tata boga adalah Garnishing Food. Untuk melatih siswa tunarungu dalam berinteraksi diperlukan model pembelajaran yang tepat yaitu pembelajaran kooperatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran kooperatif terhadap kecakapan vokasional siswa tunarungu dalam membuat garnishing food. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 6 siswa tuarungu kelas VII SMPLB Panggung Sari Trenggalek dengan kemampuan yang berbeda-beda. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra eksperimen dengan bentuk one group pre test post test design . Analisis data menggunakan non paramatric. Instrumen penelitian menggunakan tes unjuk kerja dengan teknik pengumpulan data observasi. Hasil penelitian menunjukan perubahan yang signifikan antara pre test dan post test pada kecakapan vokasional garnishing food menggunakan model pembelajaran kooperatif siswa tunarungu kelas VII SMPLB Panggung Sari Trenggalek. Dengan rumus uji tanda 5% untuk pengujian 1 sisi (1 64) dan dua sisi (1 96) menunjukan bahwa nilai Z yang diperoleh dalam hitung (2 9) lebih besar dari pada nilai Z dalam tabel atau dapat disimpulkan Zh Z tabel. Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kecakapan vokasional garnishing food siswa tunarungu kelas VII SMPLB Paggung Sari dengan menggunakan pembelajaran kooperatif. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan kecakapan vokasional garnishing food siswa tunarungu kelas VII SMPLB Panggung Sari Trenggalek. Saran yang diajukan adalah untuk peneliti selanjutnya mengembangkan jenis kecakapan vokasional yang lainya agar bisa menjadi bekal siswa tunarungu dalam memasuki dunia kerja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8852 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |