Pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan pada siswa tuna grahita kelas II SDLB B/C Kepanjen / Raedix Desta Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan pada siswa tuna grahita kelas II SDLB B/C Kepanjen / Raedix Desta Kusuma

Kusuma, Raedix Desta (2015) Pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan pada siswa tuna grahita kelas II SDLB B/C Kepanjen / Raedix Desta Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusuma Raedix Desta. 2015. Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Pada Siswa Tunagrahita Kelas II SDLB B/C Kepanjen. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd. M.Pd. Kata kunci pembelajaran matematika realistik operasi hitung penjumlahan dan anak tunagrahita. Anak tunagrahita mengalami hambatan dalam perkembangan kognitif khususnya bidang akademik pada pelajaran matematika sehingga memerlukan layanan pendidikan dan bimbingan khusus. Matematika merupakan bahasa simbolis yang mampu melakukan pencatatan serta mengomunikasikan ide-ide berkaitan dengan elemen-elemen dan hubungan-hubungan kuantitas.Dengan belajar matematika dapat mengembangkan kemampuan operasi hitung penjumlahan. Pada dasarnya dalam pembelajaran matematika sebaiknya diajarkan dalam bentuk konkret sehingga lebih dipahami oleh anak tunagrahita. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan anak tunagrahita adalah menggunakan pembelajaran matematika realistik. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan hasil belajar berhitung penjumlahan siswa sebelum diterapkan pembelajaran matematika realistik (2) mendeskripsikan hasil belajar berhitung penjumlahan siswa sesudah diterapkan pembelajaran matematika realistik (3) pengaruh implementasi pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan siswa tunagrahita di SDLB B/C Kepanjen Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental dan one-group pretest-posttest design. Sampel penelitiannya adalah siswa tunagrahita kelas II SDLB C Kepanjen Malang yang berjumlah 10 orang. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan rumus uji tanda (sign test). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata kemampuan operasi hitung penjumlahan sesudah diberikan pembelajaran matematika realistik pada siswa tunagrahita kelas II SDLB C Kepanjen dari 45 8 pada saat pretest menjadi 67 4 pada saat posttest. Peningkatan rata-rata nilai tersebut disebabkan penerapan pembelajaran matematika realistik terhadap siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan penggunaan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan siswa tunagrahita kelas II SDLB C Kepanjen Malang. Berdasarkan hal tersebut maka disarankan kepada guru dan siswa untuk menggunakan metode pembelajaran matematika realistik dalam kegiatan operasi hitung penjumlahan untuk mengatasi kesulitan anak tunagrahita dalam proses pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8851

Actions (login required)

View Item View Item