Pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan mengucapkan fonem bilabial siswa tunarungu kelas 1 SDLB Idayu 2 Pakis Kab. Malang / Nita Septiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan mengucapkan fonem bilabial siswa tunarungu kelas 1 SDLB Idayu 2 Pakis Kab. Malang / Nita Septiana

Septiana, Nita (2015) Pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan mengucapkan fonem bilabial siswa tunarungu kelas 1 SDLB Idayu 2 Pakis Kab. Malang / Nita Septiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Septiana Nita. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Mengucapkan Fonem Bilabial Siswa Tinarungu Kelas 1 SDLB Idayu Pakis Malang.Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto M.Pd (II) Dr. Sultoni M.Pd. Kata Kunci tunarungu media kartu kata bergambar kemampuan mengucapkan fonem bilabial Ketunarunguan adalah kondisi dimana individu tidak mampu mendengar dan hal ini tampak dalam wicara atau bunyi-bunyian lain baik dalam derajat frekuensi dan intensitas. Maksud dalam wicara dan bunyi-bunyian dikarenakan perkembangan dalam komunikasi anak tunarungu terhambat oleh keterbatasan penerimaan informasi. Oleh karena itu dalam peneitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan mengucapkan fonem bilabial siswa tunarungu kelas 1 SDLB saat kondisi baseline mendeskripsikan pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan mengucapkan fonem bilabial siswa kelas 1 SDLB setelah intervensi dan memenganalisis adakah pengaruh penggunaan media kartu kata berhambar terhadap kemampuan mengucapkan fonem bilabial siswa tunarungu kelas 1 SDLB Idayu 2 Pakis Malang. Dalam penelitian ini desain yang digunakan adalah Singel Subject Research (SSR) dengan model desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah siswa tunarungu kelas 1 SDLB yang berusia 8 tahun di SDLB Idayu 2 Pakis Kab. Malang pada tahun ajaran 2014/2015.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar setelah di berikan intervensi terhadap peningkatan kemampuan mengucapkan fonem bilabial sebagai target behavior. Hal ini dinyaakan dala perhitungan persentase overlap antara fase baseline-1 (A1) ke fase intervensi (B) yaitu sebesar 0%. Dari perhitungan tersebut menyatakan bahwa intervensi memiliki pengaruh peningkatan kemampuan mengucapkan fonem bilabial terhadap target behavior. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media kartu kata bergambar yang diterapkan pada siswa tunarungu kelas 1 SDLBada pengaruh terhadap peningkatan kemampuan mengucapkan fonem bilabial pada saat sebelum dan sesudah di berikan intervensi.Adapun saran bagi sekolah adalah Diharapkan sekolah meningkatkan program pelatihan speech terapy khususnya bagi siswa tunarungu dan guru dapat memberikan pelatihan ini sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8850

Actions (login required)

View Item View Item