Pengaruh penggunaan metode sosiodrama terhadap motivasi belajar PPKn kelas XI di MAN 2 Malang / Tyas Mutiara Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan metode sosiodrama terhadap motivasi belajar PPKn kelas XI di MAN 2 Malang / Tyas Mutiara Wahyuni

Wahyuni, Tyas Mutiara (2019) Pengaruh penggunaan metode sosiodrama terhadap motivasi belajar PPKn kelas XI di MAN 2 Malang / Tyas Mutiara Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Wahyuni Tyas Mutiara. 2019. Pengaruh Penggunaan Metode Sosiodrama Terhadap Motivasi Belajar PPKn Kelas XI di MAN 2 Malang. Skripsi Program Studi Pendidkan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. A. Rosyid Al-Atok M.Pd. MH. (2) Dr. Yuniastuti S.H M.Pd Kata Kunci Sosiodrama Motivasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sosiodrama adalah metode pembelajaran bermain peran untuk memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena sosial permasalahan yang menyangkut hubungan antara manusia. Sosiodrama digunakan untuk memberikan pemahaman dan penghayatan akan masalah-masalah sosial serta mengembangkan kemampuan siswa untuk memecahkannya. Dengan menggunakan metode sosiodrama diharapkan mampu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat motivasi belajar PPKn terhadap siswa yang tidak diajar menggunakan metode sosiodrama di MAN 2 Malang (2) tingkat motivasi belajar PPKn terhadap siswa yang diajar menggunakan metode sosiodrama di MAN 2 Malang (3) ada/tidaknya pengaruh penggunaan metode sosiodrama terhadap motivasi belajar PPKn siswa di MAN 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Sampel diambil dari populasi siswa kelas XI yang berjumlah 100 siswa peneliti menggunakan 100 siswa sebagai sampel. Berdasarkan desain eksperimen siswa kelas XI dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol dan eksperimen yang masing-masing berjumlah 50 siswa. Sumber data diperoleh dari angket. Penelitian ini menggunakan uji-t atau uji hipotesis yang akan mengungkap ada tidaknya pengaruh penggunaan metode sosiodrama terhadap motivasi belajar PPKn. Hasil penelitian menunjukkan Motivasi belajar kelas kontrol di MAN 2 Malang yaitu cukup. Hal ini dapat ditentukan dengan perolehan skor angket yakni terdapat 96% (48 siswa) memiliki motivasi belajar cukup dan 4% (2 siswa) memiliki motivasi belajar tinggi. Sedangkan hasil penelitian motivasi belajar kelas eksperimen di MAN 2 Malang yaitu tinggi. Hal ini dapat ditentukan dengan perolehan skor angket yakni terdapat 64% (32 siswa) memiliki motivasi belajar tinggi 32% (16 siswa) memiliki motivasi belajar cukup dan 4% (2 siswa) memiliki motivasi belajar sangat tinggi. Berdasarkan hasil analisis dari perhitungan uji hipotesis Variabel Metode Sosiodrama (X) terhadap Variabel Motivasi Belajar (Y) dapat diketahui bahwa tidak ada pengaruh penggunaan metode sosiodrama terhadap motivasi belajar PPKn kelas XI di MAN 2 Malang. Dari hasil perhitungan diketahui thitung 0 286 ii kemudian dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikan 0 05 1 684 (thitung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/88499

Actions (login required)

View Item View Item