Pengaruh permainan gobag sodor terhadap keterampilan bersosialisasi siswa tunalaras kelas V SDLB Negeri Dompu NTB / Zulmy Amaliah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh permainan gobag sodor terhadap keterampilan bersosialisasi siswa tunalaras kelas V SDLB Negeri Dompu NTB / Zulmy Amaliah

Amaliah, Zulmy (2015) Pengaruh permainan gobag sodor terhadap keterampilan bersosialisasi siswa tunalaras kelas V SDLB Negeri Dompu NTB / Zulmy Amaliah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amaliah Zulmy. 2015. Pengaruh Permainan Gobag Sodor Terhadap Keterampilan Bersosialisasi Siswa Tunalaras Kelas V SLB Negeri Dompu. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M.Pd. (II) Drs. Ahmad Samawi M.Hum. Kata Kunci Permainan Gobag Sodor Keterampilan Bersosialisasi Tunalaras. Tunalaras adalah gangguan atau hambatan atau kelainan tingkah laku sehingga kurang dapat menyesuaikan diri dengan baik tehadap lingkungan keluarga sekolah dan masyarakat. Keterampilan bersosialisasi memiliki peranan yang penting bagi kehidupan seperti halnya dengan keterampilan lainnya yang perlu diberi kesempatan dan adanya rangsangan oleh lingkungn untuk dapat berkembang. Salah satu cara untuk mengembangkan keterampilan bersosialisasi adalah dengan permainan-permainan yang imajinatif. Permainan tradisional gobag sodor merupakan salah satu permainan yang syarat akan interaksi. Berdasarkan uraian tersebut maka peneliti memilih permainan tradisional yaitu gobag sodor sebagai variabel yang akan diteliti. Peneliti juga ingin mengetahui apakah permainan tradisional gobag sodor memiliki pengaruh terhadap keterampilan bersosialisasi anak sekolah dasar pada lingkungan sekolahnya yaitu dengan teman-teman sekolahnya. Oleh karena itu peneliti mengambil judul penelitian Pengaruh Permainan Tradisional Gobag Sodor Terhadap Keterampilan bersosialisasi anak tunalaras kelas V SD . Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh permainan gobag sodor terhadap keterampilan bersosialisasi siswa tunalaras. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif rancangan menggunakan metode eksperimen jenis quasi eksperimen bentuk time series design yang terdiri dari 4 pre test dan 4 post test. Data yang diambil yaitu keterampilan bersosialisasi siswa sebelum diberikan perlakun (pre test) dan data keterampilan bersosialisasi siswa sesudah diberikan perlakuan (post test) pengambilan data menggunakan non test. Subjek penelitian ini adalah siswa tunalaras SD Kelas V SLB Negeri Dompu berjumlah 8 orang yang terdiri dari 4 laki-laki dan 4 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh permainan gobag sodor terhadap keterampilan bersosialisasi siswa. Hal ini dibuktikan dengan uji tanda (sign test) yang hasilnya diperoleh pada pengujian tanda satu sisi ZH Z tabel yaitu 3 18 1 64 dan pada pengujian dua sisi diperoleh ZH Z tabel yaitu 3 18 1 96. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Saran bagi guru terutama guru olahraga disarankan memasukkan permainan tradisional gobag sodor sebagai salah satu sub pelajaran dalam pelajaran olah raga. Untuk peneliti lanjutan peneliti menyarankan agar melakukan penelitian lanjutan mengenai permainan gobag sodor namun tidak hanya terbatas pada keterampilan bersosialisasi saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8849

Actions (login required)

View Item View Item