Pengembangan modul pembelajaran IPA untuk anak tunarungu kelas IV SDLB / Ahmad Marzuqi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran IPA untuk anak tunarungu kelas IV SDLB / Ahmad Marzuqi

Marzuqi, Ahmad (2015) Pengembangan modul pembelajaran IPA untuk anak tunarungu kelas IV SDLB / Ahmad Marzuqi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Marzuqi Ahmad. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Untuk Anak Tunarungu Kelas IV SDLB. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M.Pd. (II) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si. Kata Kunci Modul IPA tunarungu. Bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak dalam kegiatan pembelajaran mutlak diperlukan khususnya anak tunarungu. Modul merupakan jenis bahan ajar cetak yang disusun secara lengkap sistematis dan disertai gambar gambar yang mendukung materi serta disesuaikan dengan tingkat perkembangan peserta didik agar mempermudah mereka dalam belajar mandiri sesuai dengan kecepatan belajarnya masing masing. Hasil observasi di SDLB Negeri Bandaran III didapatkan bahwa pada pembelajaran mata pelajaran IPA guru masih menggunakan bahan ajar buku teks sekolah reguler. Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk mengembangkan bahan ajar yang berupa modul pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis Research and Development dengan mengadaptasi model dari Sugiyono yang telah dimodifikasi menjadi 8 langkah yaitu (1) identifikasi masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) produk akhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa modul bergambar mata pelajaran IPA untuk anak tunarungu kelas IV SDLB Negeri Bandaran III serta menguji keefektifan penggunaannya. Hasil validasi ahli materi media dan praktisi mendapatkan kriteria sangat valid dengan skor 97% 85% dan 93%. Hasil keefektifan modul berdasarkan hasil belajar siswa mendapatkan kriteria efektif dengan skor 75%. Dari hasil validasi ketiga ahli dan hasil belajar siswa menunjukkan modul layak untuk digunakan. Disarankan kepada guru agar tetap memberikan bimbingan kepada siswa saat modul digunakan. Guru dapat mengembangkan modul pembelajaran pada materi yang lain serta bagi peneliti lain dapat mengujikan produk lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8848

Actions (login required)

View Item View Item