Pengembangan media pembelajaran berbasis kuis interaktif bertingkat untuk latihan membaca huruf Al-Quran siswa tunarungu kelas X SMALB YPTB Malang / Isna Walidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis kuis interaktif bertingkat untuk latihan membaca huruf Al-Quran siswa tunarungu kelas X SMALB YPTB Malang / Isna Walidah

Walidah, Isna (2015) Pengembangan media pembelajaran berbasis kuis interaktif bertingkat untuk latihan membaca huruf Al-Quran siswa tunarungu kelas X SMALB YPTB Malang / Isna Walidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Walidah Isna. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kuis Interaktif Bertingkat untuk Latihan Membaca Huruf Al-Qur an Siswa Tunarungu Kelas X SMALB-B YPTB Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Luar Biasa Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mohammad Efendi M.Pd. M.Kes. (II) Henry Praherdhiono S.Si. M.Pd. Kata Kunci Kuis Interaktif Bertingkat Latihan Membaca Huruf Al-Qur an Tunarungu Pelajaran Agama Islam yang berkaitan erat dengan membaca ayat-ayat Al-Qur an merupakan salah satu pelajaran wajib bagi semua siswa tunarungu yang memeluk Agama Islam di Indonesia. Siswa tunarungu yang tidak memiliki pengalaman dalam mendengarkan bunyi ayat-ayat Al-Qur an mengalami hambatan dalam mengucapkan huruf-huruf Al-Qur an. Hal tersebut menyebabkan pengajar kesulitan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam membaca huruf Al-Qur an. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan melalui angket dan pengamatan langsung kepada siswa kelas X SMALB-B YPTB Malang diperoleh data sebagai berikut (1) semua siswa belum pernah berlatih membaca huruf Al-Qur an menggunakan media kuis interaktif (2) sebanyak 100% siswa menyatakan membutuhkan media kuis yang menarik seperti kuis interaktif untuk berlatih membaca huruf Al-Qur an (3) sebanyak 100% siswa membutuhkan kuis interaktif yang menarik dengan jenis soal yang variatif. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis kuis interaktif bertingkat untuk latihan membaca huruf Al-Qur an siswa tunarungu kelas X SMALB-B YPTB Malang. Sedangkan Model pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan Research and Development (R D) dari Borg dan Gall. Subjek uji coba produk adalah ahli materi ahli media ahli praktisi dan kelompok kecil yang terdiri dari 4 siswa SMALB-B YPTB Malang. Hasil pengembangan produk media pembelajaran berbasis kuis interaktif bertingkat untuk latihan membaca huruf Al-Qur an siswa tunarungu kelas X SMALB-B YPTB Malang diperoleh data sebagai berikut (1) validasi ahli materi 91 67 (sangat baik) (2) validasi ahli media 96 25% (sangat baik) dan (3) validasi ahli praktisi 65 6% (baik) (4) uji coba kelompok kecil 81 125% (sangat baik). Hasil pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa produk kuis interaktif bertingkat latihan membaca huruf Al-Qur an telah layak menjadi media pembelajaran untuk melatih daya ingat dan pemahaman siswa terhadap bacaan huruf Al-Qur an. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka saran yang diajukan adalah (1) guru hendaknya memahami isi materi setiap tahap dalam kuis interaktif bertingkat dan melakukan pendampingan secara individual terhadap siswa yang mengalami kesulitan (2) peneliti selanjutnya mengembangkan kuis interaktif dengan memperbanyak keragaman populasi dan keragaman penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8846

Actions (login required)

View Item View Item