Pengaruh metode drill berbantuan video terhadap kemampuan bina diri siswa tunagrahita kelas 1 di SLB C Negeri Tulungagung / Rosiana Febri Jayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode drill berbantuan video terhadap kemampuan bina diri siswa tunagrahita kelas 1 di SLB C Negeri Tulungagung / Rosiana Febri Jayanti

Jayanti, Rosiana Febri (2015) Pengaruh metode drill berbantuan video terhadap kemampuan bina diri siswa tunagrahita kelas 1 di SLB C Negeri Tulungagung / Rosiana Febri Jayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jayanti Rosiana Febri. 2015. Pengaruh Metode Drill Berbantuan Video terhadap Kemampuan Bina Diri Siswa Tunagrahita Kelas 1 SLB C Negeri Tulungagung. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ir. Endro Wahyuno M. Si. (2) Drs. Abdul Huda M. Pd. Kata kunci Metode Drill Berbantuan Video Bina Diri Tunagrahita. Rendahnya tingkat kecerdasan serta keterlambatan kemampuan perilaku adaftif pada anak tunagrahitaberimplikasipada rendahnya kemampuan bina diri. Kemampuan bina diri adalah kemampuan anak tunagrahita dalam melakukan aktivitas merawat diri sendiriseperti makan minum berpakaian dll. Siswa mengalami kesulitan karena guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa adanya praktek dan tidak penggunakan media yang membantu pembelajaran sedangkan anak tunagrahitatidak cukup mampu untuk mengembangkan kemampuannya. Pengembangan kemampuannya harus bersandar pada kebiasaan dan latihanrutin. Berdasarkan masalah tersebut diperlukan metode yang sesuai salah satunya metode drill. Metode drill merupakan merupakan langkah- langkah yang digunakan untuk melatih suatu keterampilan secara bertahap dan berulang. Selain iu diperlukan bantuan media video sebagai demonstrasi langkah- langkah bina diri. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang (1) kemampuan bina diri siswa tunagrahita kelas 1 saat fase baseline (A1) kemampuan bina diri siswa tunagrahita saat fase intervensi (B) pengaruh metode drill berbantuan video terhadap kemampuan bina diri siswa tunagrahita kelas 1 Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain Single Subject Research (SSR) menggunakan model A-B-A dan menggunakan pengukuran persentase. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas 1 SLB C Negeri Tulungagung pada tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes yaitu obeservasi dalam bentuk task analysis. Analisis data yang digunakan adalah analisis visual data grafik pada analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan bina diri siswa tunagrahita fase baseline 1 (A1) masih rendah dengan rentang nilai 63 5%-68 7% kemampuan bina diri siswa tunagrahita fase intervensi (B) cenderung lebih tinggi berkisar antara 83 3%-96 8% sementara fase baseline 2 (A2) lebih rendah dari fase intervensi tetapi lebih tinggi dari fase baseline 2 yaitu 84 3%-88 5%. Metode drill berbantuan video memiliki pengaruh terhadap kemampuan bina diri siswa tunagrahita kelas 1 SLB C Negeri Tulungagung dibuktikan dengan persentase overlap sebesar 0%. Semakin kecil persentase overlap maka semakin baik pengaruh intervensi terhadap target behavior. Adapun saran bagi guru berdasarkan hasil penelitian ini adalah guru dapat menerapkan metode ini dengan menyesuaikan kebutuhan dan karakteristik siswa. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8844

Actions (login required)

View Item View Item