Idhartono, Amelia Rizky (2015) Pengaruh pelaksanaan metode karyawisata terhadap peningkatan kemampuan berinteraksi sosial anak tunagrahita sedang kelas IV di SDLB Arya Satya Hati Pasuruan / Amelia Rizky Idhartono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Idhartono Amelia Rizky. 2015. PengaruhPelaksanaanMetodeKaryawisataTerhadapPeningkatanKemampuanBerinteraksiSosialAnakTunagrahitaSedangKelas IV di SDLB AryaSatyaHatiPasuruan. Skripsi JurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I). Prof. Dr. Mohammad Efendi M.Pd. M.Kes. (II). Dra.WiwikDwiHastuti S.Pd. M.Pd. Kata kunci Kemampuanberinteraksisosial metodekaryawisata anaktunagrahitasedang Penelitianiniberlatarbelakangpadakurangnyakemampuanberinteraksisosialanaktunagrahitasedangkelas IV di SDLB AryaSatyaHatiPasuruan.Hal inidisebabkankondisianaktunagrahitasedang yang memiliki IQ rendahsejakmasaperkembangan sehinggamengalamihambatandalamberpikir berperilaku normal danberinteraksisosial. Penelitianinibertujuanuntukmenerapkanmetodebaru yang dapatmengatasipermasalahaninteraksisosialpadaanaktunagrahitasedang yaitumetodekaryawisata.Metodetersebutdapatdijadikanpilihanuntukmenentukanmetode yang tepatbagipembelajaraninteraksisosial.Pelaksanaanmetodeinidapatmengatasikejenuhananak yang selamainihanyamelaksanakanpembelajaran di dalamkelas.Metodekaryawisatamampumenambahkanpengalamansecaralangsungbagianaktunagrahitamelaluiperistiwadanobjek yang dilihat.Lebihdariitu metodeinidapatmembuatanakmenjadilebihaktifdalambelajarkarenamerekamampumelihat mendengar meneliti danmencobaapa yang dihadapinyasecaralangsungdannyata. PenelitianinimenggunakanmetodeeksperimendenganbentukSingle Subject Research(SSR).Terdapatduafasedalampenelitianini yaitufasebaseline (A) danfaseintervensi (B) atautreatment.Dalamfasebaseline (A) dilakukanlimasesipenelitian danuntukfaseintervensi (B) dilakukantujuhsesipenelitian. Setiapsesidilaksanakan di hari yang berbeda denganmemberikanjedabeberapahariantarasatusesidengansesi yang lain. Penelitianinimenggunakanduajenisukuranvariabelterikat yaitupersentasedanfrekuensi. Dalamhasilpenelitian dapatdikatakanbahwapelaksanaanmetodekaryawisatamampumeningkatkankemampuanberinteraksisosialanaktunagrahitasedangkelas IV di SDLB AryaSatyaHatiPasuruan.Kemampuanberinteraksisosialanakdalamjenispersentasememperolehnilai yang cenderungmenurunpadafasebaseline (A) yakni 44% ke 40%.Kemudian nilaisiswameningkatpadafaseintervensi (B) yaknimenjadi 70% hingga 89%.Padajenisukuranfrekuensi anakmengalamipenurunannilaipadafasebaseline (A) yaitudari 14 ke 12 danmengalamipeningkatannilaipadafaseintervensi (B) yaitumenjadi 31 hingga 37. Sementaraitu persentaseoverlap memperolehhasil 0% yang menunjukkanbahwaintervensiberupapelaksanaanmetodekaryawisatamemilikipengaruh yang baikterhadapkemampuanberinteraksisosialanaktunagrahitasedang. Dengandemikian dapatdisimpulkanbahwametodekaryawisatadisarankanuntukditerapkanpadapembelajaraninteraksisosialanaktunagrahita khususnyatunagrahitasedang.Bagipenelitiselanjutnyadisarankan agar pelaksanaanmetodekaryawisatatidakhanyadigunakanuntukmeningkatkankemampuanberinteraksisosialpadaanaktunagrahita tetapijugauntuksubjekpenelitian yang berbedadanpada target behavior yang berbeda pula.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8843 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |