Meiliana, Vemilia Riza (2015) Pengembangan permainan petualangan mencari harta karun untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada peserta didik tunagrahita di SLB B-C Kepanjen Malang / Vemilia Riza Meiliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Meiliana Vemilia Riza. 2015. Pengembangan Permainan Petualangan Mencari Harta Karun Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Peserta Didik Tunagrahita Di SLB B-C Kepanjen Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S. Pd. M. Pd (II) Pramono S. Pd. M. Or. Kata Kunci Permainan petulangan mencari harta karun kemampuan kognitif Tunagrahita Pendidikan jasmani adaptif yang dirancang untuk peserta didik tunagrahita tidak hanya dalam motoriknya melainkan kemampuan kognitif. Dilihat di lapangan permainan yang diberuntukkan peserta didik tunagrahita belum meningkatkan kemampuan kognitifnya. Oleh karena itu melalui permainan ini dapat diaplikasikan ke dalam pendidikan jasmani adaptif sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan permainan petualangan mencari harta karun untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik di SLB B-C Kepanjen Malang. Dengan menghasilkan suatu produk berupa permainan untuk anak tunagrahita. Dengan permainan ini diharapkan peserta didik tunagrahita di SLB B-C Kepanjen Malang dapat belajar lebih baik dan lebih mudah. Pengembangan ini diadaptasi dari langkah-langkah pengembangan model Sugiono kemudian diadaptasi lagi dalam model Dick Carey. Subyek uji coba produk adalah ahli media ahli praktisi uji kelompok kecil yang terdiri dari dua siswa kelas III SLB B-C Kepanjen Malang dan uji kelompok besar terdiri dari delapan siswa kelas III dan IV di SLB B-C Kepanjen Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Hasil pengembangan permainan petualangan mencari harta karun untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik tunagrahita di SLB B-C Kepanjen Malang valid digunakan dalam pembelajaran pendidikan jasmani adaptif. Hasil penilaian ahli media diperoleh skor rata-rata 4. Hasil penilaian praktisi memperoleh skor rata-rata 4. Pada uji kelompok kecil dan uji kelompok besar juga memperoleh hasil yang layak digunakan. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan adalah pengembangan permainan petualangan mencari harta karun untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik di SLB B-C Kepanjen Malang telah valid untuk dilakukan.Saran yang duajukan (1) Guru seharusnya betul-betul memahami buku panduan (2) Peneliti selanjutnya dapat mengembangakan permainan yang lebih inovatif dalam pendidikan jasmani adaptif dapat mempertimbangkan jenis kemampuan siswa tunagrahita dalam penyusunan permainan sehingga permainan dapat dibedakan penggunanya dan dapat memperbanyak keragaman populasi dan wilayah penelitian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8842 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |