Pengaruh permainan dadu terhadap kermampuan berhitung penjumlahan anak tunagrahita kelas I SLB Arya Satya Hati Pasuruan / Rahmalia Yunita Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh permainan dadu terhadap kermampuan berhitung penjumlahan anak tunagrahita kelas I SLB Arya Satya Hati Pasuruan / Rahmalia Yunita Wardani

Wardani, Rahmalia Yunita (2015) Pengaruh permainan dadu terhadap kermampuan berhitung penjumlahan anak tunagrahita kelas I SLB Arya Satya Hati Pasuruan / Rahmalia Yunita Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardani Rahmalia Yunita. 2015. Pengaruh Permainan Dadu Terhadap Kemampuan Berhitung Penjumlahan Anak Tunagrahita Kelas I SLB Arya Satya Hati Pasuruan. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd M.Pd (II) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si Kata kunci kemampuan berhitung penjumlahan permainan dadu tunagrahita Penelitian ini berlatar belakang pada kurangnya kemampuan berhitung penjumlahan anak tunagrahita kelas I SLB Arya Satya Hati Pasuruan. Hal ini disebabkan kondisi anak tunagrahita yang memiliki IQ rendah sejak masa perkembangan sehingga mengalami hambatan dalam berfikir berperilaku dan berinteraksi. Anak tunagrahita yang cenderung cepat bosan memerlukan pembelajaran yang lebih aktif dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan sebuah permainan yang dapat mengatasi permasalahan berhitung penjumlahan pada anak tunagrahita yaitu permainan dadu. Permainan tersebut dapat dijadikan pilihan untuk menentukan permainan yang tepat bagi pembelajaran matematika khususnya penjumlahan. Pelaksanaan permainan ini dapat mengatasi kejenuhan dan kebosanan anak yang sebelumnya hanya mendengarkan guru menjelaskan di depan kelas. Permainan dadu mampu membuat anak menjadi lebih aktif dan tidak pasif dalam belajar karena mereka mampu melihat mendengar dan mencoba apa yang dihadapinya secara langsung dan nyata. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk Single Subject Research (SSR). Terdapat tiga fase dalam penelitian ini yaitu fase baseline-1 (A1) intervensi (B) baseline-2 (A2). Dalam fase baseline-1 (A1) dilakukan lima sesi penelitian fase intervensi (B) dilakukan lima sesi penelitian dan fase baseline-2 (A2) dilakukan lima sesi penelitian. Penelitian ini menggunakan satu jenis ukuran variabel terikat yaitu persentase. Dalam hasil penelitian kemampuan berhitung penjumlahan anak dalam jenis ukuran persentase memperoleh nilai yang cenderung tidak ada perubahan pada fase baseline-1 (A1) yakni 58% ke 58%. Nilai siswa meningkat pada fase intervensi (B) yakni 86% ke 88%. Kemudian nilai siswa menurun pada fase baseline-2 (A2) yakni 78% ke 76%. Sementara itu persentase overlap memperoleh hasil 0% yang menunjukkan bahwa intervensi berupa permainan dadu memiliki pengaruh yang baik terhadap kemampuan berhitung penjumlahan anak tunagrahita. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan dadu dapat berpengaruh pada kemampuan berhitung penjumlahan anak tunagrahita kelas I SLB Arya Satya Hati Pasuruan. Pembelajaran matematika untuk anak tunagrahita disarankan menggunakan permainan dadu. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya disarankan agar penggunaan permainan dadu tidak hanya digunakan untuk meningkatkan kemampuan berhitung penjumahan pada anak tunagrahita tetapi juga untuk subjek penelitian dan target behavior yang berbeda pula.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8841

Actions (login required)

View Item View Item