Pengaruh penggunaan metode "Jarimagic" terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa tunarungu kelas IV SD di Pendidikan Khusus Negeri Seduri Mojosari Mojokerto / Willi Febrian Prayugo

Prayugo, Willi Febrian (2015) Pengaruh penggunaan metode "Jarimagic" terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa tunarungu kelas IV SD di Pendidikan Khusus Negeri Seduri Mojosari Mojokerto / Willi Febrian Prayugo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prayugo, Willi F. 2015. Pengaruh Penggunaan Metode Jarimagic Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Tunarungu Kelas IV SD Di Pendidikan Khusus Negeri Seduri Mojosari Mojokerto. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Moh. Effendi, M.Pd, M.Kes, (II) Drs. Tomas Iriyanto, M.Pd. Kata Kunci: Tunarungu, kemampuan berhitung, metode jarimagic. Tunarungu yang mengalami kesulitan pada proses pembelajaran khususnya pada operasi hitung, dikarenakan gangguan mendengar yang dialami anak tunarungu menyebabkan terhambatnya perkembangan bahasa dalam memahami dan menerima materi pelajaran. Pembelajaran matematika dalam hal berhitung perkalian masi cenderung menggunakan metode lama yaitu dengan cara bersusun. Kondisi ini menyebabkan pembelajaran kurang menarik, siswa menjadi jenuh sehingga pembelajaran kurang bermakna. Operasi hitung yang dimaksud adalah pembelajaran operasi hitung perkalian pada bilangan 1-20. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar perkalian matematika sebelum diterapkan metode jarimagic pada siswa tunarungu kelas IV SD di Pendidikan Khusus Negeri Seduri Mojosari Mojokerto?, (2) Bagaimana hasil belajar perkalian matematika setelah diterapkan metode jarimagic pada siswa tunarungu kelas IV SD di Pendidikan Khusus Negeri Seduri Mojosari Mojokerto?, dan (3) Adakah pengaruh penerapan metode ÔÇ£jarimagicÔÇØ terhadap peningkatan kemampuan berhitung menggunakan operasi perkalian pada siswa tunarungu kelas IV SD di Pendidikan Khusus Negeri Seduri Mojosari Mojokerto?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar perkalian sebelum diterapkan metode Jarimagic dan sesudah diterapkan metode Jarimagic pada siswa tunarungu kelas IV SD di Pendidikan Khusus Negeri Seduri Mojosari Mojokerto. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan Pre-Eksperimen Design dengan desain One Group Pre-Test and Post-Test. sampel dalam penelitian ini berjumlah 8 siswa dengan subjek penelitian siswa tunarungu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes (pre-test dan post-test). data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji tanda dengan bantuan SPSS 17.0 For Windows. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa penggunaan metode jarimagic berpengaruh terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa tunarungu kelas IV SD di Pendidikan Khusus Negeri Seduri Mojosari Mojokerto. Hal ini dinyatakan dalam perhitungan presentase dari tabel distribusi frekuensi dengan hasil rata-rata pre-test sebesar 37 dan masuk dalam kategori gagal dan hasil rata-rata post-test sebesar 87 dan masuk dalam kategori sangat baik. Perhitungan tersebut menyatakan bahwa ada pengaruh sebelum mengguanakan metode jarimagic dan sesudahnya menggunakan metode jarimagic. Disarankan bagi guru untuk menggunakan metode jarimagic dalam pembelajaran berhitung perkalian dan bagi peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian eksperimen dengan desain One Group Pre-Test and Post-Test karena desain ini dapat mengetahui antara pengaruh tidaknya penggunaan sebuah metode yang diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8840

Actions (login required)

View Item View Item