Pengaruh model pembelajaran Concept Sentence terhadap kemampuan menulis deskripsi sederhana peserta didik tunarungu kelas VII SLB PGRI Kedungwaru Tulungagung / Desi Cahya Rachmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Concept Sentence terhadap kemampuan menulis deskripsi sederhana peserta didik tunarungu kelas VII SLB PGRI Kedungwaru Tulungagung / Desi Cahya Rachmawati

Rachmawati, Desi Cahya (2015) Pengaruh model pembelajaran Concept Sentence terhadap kemampuan menulis deskripsi sederhana peserta didik tunarungu kelas VII SLB PGRI Kedungwaru Tulungagung / Desi Cahya Rachmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rachmawati DesiCahya. 2015. PengaruhModel Pembelajaran Concept Sentence Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Sederhana Peserta Didik Tunarungu Kelas VII SLB PGRI Kedungwaru Tulungagung. Skripsi JurusanPendidikanLuarBiasa FakultasIlmuPendidikan. UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dra. WiwikDwiHastutiS.Pd M.Pd (2) Pramono S.Pd M.Or. Kata kunci Concept Sentence MenulisDeskripsi Tunarungu. Menulis deskripsi pada dasarnya menggambarkan suatuobjek dengan kata-kata sederhana dan mudah dipahami sehingga pembaca seolah dapat melihat merasakan objek yang digambarkan penulis. Peserta didik tunarung umengalami kesulitan dalam mengembangkan ide dan terbatasnya imajinasi serta kurang memberikan kesan hidup pada objek karangan. Berkaitan hal tersebut maka diperlukan suatu model pembelajaran yang yang dapatmenunjangkemampuanpesertadidikdalammenulisdeskripsisederhana. Model pembelajarantersebutadalahConcept Sentence. Concept Sentence merupakan pembelajaran yang mengajarkan siswa untuk membuat sebuah kalimat sederhanadengan beberapa kata kunci yang telah disediakan. Penerapan model pembelajaraniniakanmembantupesertadidikdalammenulisdeskripsisederhana. Tujuanpenelitianuntukmendeskripsikantentang 1) kemampuanpesertadidiksebelumdiberikanintervensimenggunakan model pembelajarnConcept Sentence 2) kemampuanpesertadidiksetelahdiberikanintervensimenggunakanmenggunakan model pembelajarnConcept Sentence 3) pengaruhmenggunakan model pembelajarnConcept Sentence terhadapkemampuanmenulisdeskripsisederhana. Metode yang digunakanadalahSingle Subject Research (SSR) dengandesain A-B-A. subjekpenelitianmenggunakansatusiswatunarungu (AJ) berusia 14 tahunkelas VII di SLB PGRI KedungwaruTulungagung. Analisis data yang digunakanadalahanalisisdalamkondisidanantarkondisi. Teknikpengumpulan data menggunakantekniktesyaituberupatestulis. Analisis data yang digunakanadalahanalisis visual data grafikpadaanalisisdalamkondisidanantarkondisi. Kemampuanmenulisdeskripsisederhanapadapenelitianinidikatakanberhasil. Hasilpenelitiankemampuanmenulisdeskripsipesertadidiktunarungufasebaseline 1 (A1) masihterlihatrendahdenganrentangnilai 30%-47% denganpersentasekecenderunganstabilitas 80% kemampuanmenulisdeskripsipesertadidiktunarungufaseintervensi (B) cenderungmeningkatberkisarantara 60%-80% denganpersentasekecenderunganstabilitas 83 3% sementarafasebaseline 2 (A2) menurundarifaseintervensimenjadi 63%-70% denganpersentasekecenderunganstabilitas 100%. Sementaraitu persentase overlap menunjukkanhasil 0% semakinpersentasioverlabmakasemakinbaikpengaruhterhadap target behavior yang berartibahwaintervensiyaitu model pembelajaranConcept Sentence memilikipengaruh yang signifikanterhadapkemampuanmenulisdeskripsisederhanapesertadidiktunarungu. Saran bagi guru daripenelitiadalah guru dapatmenggunakan model pembelajaran yang bervariatifsesuaidengankebutuhandankarakteristikpesertadidik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8839

Actions (login required)

View Item View Item