Ningsih, Arista Surya (2015) Pengaruh penggunaan media Boneka Barbie terhadap kemampuan Bina Diri siswa tuagrahita ringan kelas 1 SDLB Marsudi Utomo Kesamben Blitar / Arista Surya Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ningsih Arista Surya. 20015. Pengaruh Penggunaan Media Boneka Barbie Terhadap Kemampuan Bina Diri Siswa Tunagrahita Ringan Kelas I SDLB Marsudi Utomo Kesamben Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si. Kata Kunci tunagrahita kemampuan bina diri media boneka barbie Tunagrahita adalah individu yang memiliki intelegensi dibawah rata-rata dan memiliki kelemahan dalam berfikir. Kemampuan Bina Diri merupakan modal dasar dalam membentuk kepribadian yang mandiri. Peneliti menentukan permasalahan seorang tunagrahita yang memiliki kemampuan Bina Diri yang masih kurang serta pembelajaran Bina Diri yang biasanya dilakukan tanpa menggunakan media. Kondisi yang terjadi adalah anak yang belum bisa menggunakan pakaian sendiri. Kemandirian yang dapat terbentuk karena adanya latihan dan pembiasaan baik dalam lingkungan keluarga sekolah dan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari penggunaan media boneka Barbie terhadap kemampuan Bina Diri berpakaian pada siswa tunagrahita ringan kelas I SDLB Marsudi Utomo Kesamben Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan penelitian experiment bentuk Single Subject Research (SSR) dengan model desain penelitian A-B-A. Desain A-B-A digunakan untuk mengukur perubahan target behavior pada kondisi baseline -1 (A1) hingga baseline -2 (A2). Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita ringan kelas I di SDLB Marsudi Utomo Kesamben Blitar yaitu SE (10 tahun). Analisis data dilakukan pada dua kondisi yaitu analisis data dalam kondisi dan analisis data antar kondisi dengan menghitung mean level kecenderungan estimasi arah kecenderungan stabilitas dan persentase overlap. Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan kemampuan yang dapat dilihat dari perolehan hasil kemampuan siswa pada kondisi baseline -1 berkisar antara 49 5%-60 75% dengan persentase stabilitas 75% dikatakan tidak stabil atau variabel meningkat pada kondisi intervensi dengan perolehan hasil 85 5%-94 75% dengan persentase stabilitas 100% dikatakan stabil dan pada kondisi baseline-2 dengan perolehan hasil 72%-84% dan persentase stabilitas 80% dikatakan stabil. Kesimpulan penelitian bahwa terdapat pengaruh penggunaan media boneka Barbie dengan kemampuan Bina Diri berpakaian siswa tunagrahita ringan. Saran yang diberikan kepada guru dapat memberikan metode dan media pembelajaran yang sesuai dan mengakomodir siswa dalam mengolah informasi serta mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki siswa. Kepada kepala sekolah sebagai pihak yang berwenang dalam mengambil kebijakan hendaknya dapat meningkatkan fasilitas kebutuhan untuk Bina Diri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8837 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |