Pengaruh penggunaan media kartu domino kata bergambar terhadap kemampuan menulis kalimat sederhana peserta didik tunarungu kelas II di SDLB Negeri Kedungkandang Malang / Nurvidia Anassyah

Anassyah, Nurvidia (2015) Pengaruh penggunaan media kartu domino kata bergambar terhadap kemampuan menulis kalimat sederhana peserta didik tunarungu kelas II di SDLB Negeri Kedungkandang Malang / Nurvidia Anassyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anassyah, Nurvidia. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Kartu Domino Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Peserta Dididk Tunarungu Kelas II di SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Wiwik D. Hastuti, M. Pd, (II) Drs. Abdul Huda, M.Pd. Kata kunci: Tunarungu, menulis kalimat sederhana, media kartu domino kata bergambar. Tunarungu memiliki keterbatasan dalam kemampuan berbahasa. Struktur bahasa yang digunakan peserta didik tunarungu kelas II dalam berbicara dengan guru kurang baik misalnyaÔÇØ Nia perut sakitÔÇØ,arti dari kalimat tersebut adalah ÔÇ£Nia sakit perutÔÇØ. Selain masalah tersebut guru juga kurang memanfaatkan fungsi media sebagai sarana penunjang pembelajaran. Berkaitan dengan hal tersebut, maka diperlukan suatu media yang dapat menunjang peserta didik dalam belajar menulis kalimat sederhana sehingga dapat memperbaiki struktur bahasanya. Media tersebut adalah kartu domino kata bergambar yang didalamnya terdapat gambar dan tulisan yang dapat membantu siswa dalam menulis kalimat sederhana. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan tentang; 1) kemampuan peserta didik sebelum diberikan intervensi menggunakan kartu domino kata bergambar, 2) kemampuan peserta didik setelah diberikan intervensi menggunakan kartu domino kata bergambar, dan 3) pengaruh kartu domino kata bergambar terhadap kemampuan menulis kalimat sederhana. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan Single Subject Reseach (SSR) dengan model desain A-B-A. Subjek penelitian menggunakan satu siswa tunarungu yang berusia 8 tahun kelas II di SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Analisis data yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukan perolehan mean level yang meningkat dari baseline-1 sebesar 66,3, sedangkan intervensi sebesar 96 dan baseline-2 sebesar 98,6. Selain itu, presentase overlap antara kondisi baseline-1 ke kondisi intervensi sebesar 0%. Perhitungan tersebut menyatakan adanya pengaruh penggunaan media kartu domino kata bergambar sebagai bentuk intervensi terhadap peningkatan kemampuan menulis kalimat sederhana sebagai target behavior. Adapun saran bagi guru dari penelitian ini adalah guru dapat memanfaatkan media dalam pembelajaran sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8836

Actions (login required)

View Item View Item