Pengaruh penggunaan metode maternal reflektif terhadap keterampilan membaca permulaan siswa tunarungu kelas III SDLB Kepanjen Kabupaten Malang / Puput Novita Prasetya Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan metode maternal reflektif terhadap keterampilan membaca permulaan siswa tunarungu kelas III SDLB Kepanjen Kabupaten Malang / Puput Novita Prasetya Sari

Sari, Puput Novita Prasetya (2015) Pengaruh penggunaan metode maternal reflektif terhadap keterampilan membaca permulaan siswa tunarungu kelas III SDLB Kepanjen Kabupaten Malang / Puput Novita Prasetya Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Puput Novita Prasetya. 2015. Pengaruh Penggunaan Metode Maternal Reflektif Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Tunarungu Kelas III SDLB Kepanjen Kabupaten Malang.Impairment in the Third Grade of SDLB Kepanjen-Malang. Skripsi S1 Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Abdul Huda M.Pd (2) Henry Praherdhiono S.Si M.Pd Kata Kunci Tunarungu keterampilan membaca permulaan metode maternal reflektif Anak tunarungu memiliki keterbatasan berkomunikasi dengan orang-orang disekitarnya karena kemampuan menginterpretasi kata dan kalimat hanya berdasarkan pada pengalaman bahasanya yang terbatas. Ketika seorang anak tunarungu berbicara kalimat yang diucapkan terbalik-balik sehingga orang lain akan kesulitan memahami pesan yang disampaikannya. Salah satu contoh yang ditemui adalah ketika peneliti bertanya Siapa yang mengantarkanmu ke sekolah . Jawaban yang ia ungkapkan Sepeda motor Bapak jauh rumah . Maksudnya adalah saya diantarkan oleh Bapak naik Sepeda Motor rumah saya jauh . Anak tunarungu mengucapkan kalimat dengan terbalik-balik sehingga dapat terjadi kesalahpamahan arti dan makna bagi orang lain. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode maternal reflektif terhadap keterampilan membaca permulaan pada siswa Tunarungu kelas III SDLB Kepajen Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B desain ini digunakan untuk mengukur perubahan yang terjadi pada target behavior dari fase baseline (A) ke Intervensi (B) dengan tidak dapat melepaskan penggunaan metode maternal reflektif. Subjek penelitian menggunakan satu siswa tunarungu yaitu RA (11 tahun). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode maternal reflektif terhadap keterampilan membaca permulaan siswa tunarungu kelas III di SDLB Kepanjen Kabupaten Malang dalam hal ini dibuktikan dari analisis data diperoleh mean level fase baseline subjek RA sebesar 71 6%. Mean level pada fase intervensi subjek RA sebesar 93 7%. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode maternal reflektif dapat memberikan pengaruh terhadap keterampilan membaca permulaan siswa tunarungu kelas III SDLB Kepanjen Kabupaten Malang dengan subjek RA. Saran yang direkomendasikan pada guru agar dapat memberikan variasi dalam penggunaan metode maternal reflektif sehingga pelaksanaannya tidak membosankan dengan media penunjang yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8832

Actions (login required)

View Item View Item