Yanuarini, Denty (2015) Pengaruh penggunaan media ritatoon terhadap hasil belajar IPA siswa tunagrahita kelas VIII SMPLB Harapan Mulya Durenan Trenggalek / Denty Yanuarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yanuarini Denty. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Ritatoon terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Tunagrahita Kelas VIII SMPLB Harapan Mulya Durenan Trenggalek. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si. (II) Pramono S.Pd. M.Or. Kata Kunci Media Ritatoon Hasil Belajar IPA Berdasarkan pengamatan di kelas VIII SMPLB Harapan Mulya Durenan Trenggalek terdapat permasalahan pada hasil belajar IPA siswa tunagrahita yaitu masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan sebatas ceramah kerja mandiri dan tekstual serta menggunakan media yang kurang menarik seperti papan tulis. Anak tunagrahita memiliki intelektual yang rendah dan cenderung berpikir konkret sehingga memerlukan bantuan media yang sesuai dengan karakteristiknya. Salah satu media yang dapat membantu yaitu media ritatoon yang dapat menerjemahkan materi bersifat abstrak menjadi lebih konkret. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) hasil belajar IPA siswa tunagrahita kelas VIII SMPLB Harapan Mulya Durenan Trenggalek sebelum menggunakan media ritatoon (2) hasil belajar IPA siswa tunagrahita kelas VIII SMPLB Harapan Mulya Durenan Trenggalek setelah menggunakan media ritatoon (3) pengaruh penggunaan media ritatoon terhadap hasil belajar IPA siswa tunagrahita kelas VIII SMPLB Harapan Mulya Durenan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen desain subyek tunggal dengan metode Single Subject Research (SSR). Desain SSR yang digunakan adalah desain reversal yaitu A-B-A. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi melaksanakan fase baseline-1 intervensi dan baseline-2. Analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif. Analisis data dilakukan berdasarkan komponen setiap kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian pada penggunaan media ritatoon terhadap hasil belajar IPA menunjukkan bahwa pada baseline-1 nilai yang diperoleh yaitu 55% - 65%. Fase intervensi nilai yang diperoleh yaitu 80% - 95%. Fase baseline-2 nilai yang diperoleh siswa tunagrahita sebesar 90% - 95%. Kesimpulan yang diperoleh yaitu penggunaan media ritatoon berpengaruh terhadap hasil belajar IPA materi peristiwa alam hal ini ditunjukkan dari hasil overlap fase baseline-1 ke intervensi adalah 0% karena semakin kecil overlap maka semakin baik pula pengaruhnya. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah pihak sekolah bersama guru dapat memanfaatkan media ritatoon sebagai media pembelajaran alternative dalam pembelajaran IPA. Untuk peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian yang memanfaatkan media ritatoon dengan subjek dan target behavior yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8831 |
Actions (login required)
View Item |